PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETEPATAN MELEMPAR KE SASARAN MENGGUNAKAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SISWA KELAS III SD NEGERI JENGGAWUR KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ABU SUJAI, 6102909125 (2011) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETEPATAN MELEMPAR KE SASARAN MENGGUNAKAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SISWA KELAS III SD NEGERI JENGGAWUR KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NNEGERI SEMARANG (UNNES).

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETEPATAN)
Download (1573Kb)

    Abstract

    Abu Sujai. Pengembangan Model Pembelajaran Ketepatan Melempar Ke Sasaran Menggunakan Bola Kasti melalui Pendekatan Lingkungan Sekitar Sekolah Siswa Kelas III SD Negeri Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011. Skripsi. Jurusan PJKR Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama: Rumini, S.Pd, M.Pd, Pembimbing Pendamping : Drs. Kriswantoro, M.Pd Kata kunci : model pembelajaran, ketepatan melempar ke sasaran menggunakan bola kasti, pendekatan lingkungan sekitar sekolah Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model dan proses pembelajaran yang mengarah ke ketepatan melempar ke sasaran dengan menggunakan bola kasti melalui pendekatan lingkungan sekitar sekolah pada siswa kelas III SD Negeri Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011. Adapun tujuannya untuk mengetahui proses dan model pembelajaran ketepatan melempar sasaran dengan menggunakan bola kasti melalui pendekatan lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research - based development) yang berorientasi pada produk. Produk yang dimaksud adalah pengembangan pada jarak ketinggian melempar melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah, seperti memanfaatkan tembok keliling, pohon-pohon besar sebagai media pembelajar tentunya disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak usia Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan ke dalam dua tahap, yaitu uji coba skala kecil dan uji lapangan (skala besar). Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa dan lembar evaluasi ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli pendidikan jasmani dan olahraga (Pembimbing Penjasorkes), dua orang ahli pembelajaran penjasokes (Guru Penjasorkes), siswa yang terlibat uji coba skala kecil berjumlah 10 orang, dan siswa yang terlibat dalam uji coba skala besar berjumlah 30 orang masing-masing siswa kelas III SD Negeri Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil pengembangan produk awal diperoleh 80 % model pembelajaran yang dilaksanakan sudah baik dan layak digunakan dengan sedikit revisi yang semula melempar dengan jarak dan ketinggian “ring” yang sama, ditambah dengan variasi antara jarak melempar dengan ketinggian “ring”. Setelah direvisi, dihasilkan produk akhir dengan hasil perolehan 98 % model pembelajaran sangat baik dan layak digunakan di lingkungan sekitar sekolah. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran ketepatan melempar ke sasaran dengan menggunakan bola kasti melalui pendekatan lingkungan sekitar sekolah siswa kelas III SD Negeri Jenggawur Kec. Pangkah Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011 layak digunakan. Saran peneliti adalah (1) hendaknya dalam pembuatan model pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kompetensi dasar yang sesuai (2) penggunaan model pembelajaran sebaiknya memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan siswa baik alat maupun media pembelajaran lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, ketepatan melempar ke sasaran menggunakan bola kasti, pendekatan lingkungan sekitar sekolah
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: toro mahasiswa fisika
    Date Deposited: 13 Nov 2011 19:42
    Last Modified: 25 Apr 2015 02:51

    Actions (login required)

    View Item