MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI PADA POKOK PEMBAHASAN KETENAGAKERJAAN SISWA KELAS VIII E SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
Darius Fandiari, 7101407256 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI PADA POKOK PEMBAHASAN KETENAGAKERJAAN SISWA KELAS VIII E SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Preview |
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI PADA POKOK PEMBAHASAN KETENAGAKERJAAN SISWA KELAS VIII E SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fandiari, Darius. 2011. ”Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Pokok Pembahasan Ketenagakerjaan Siswa Kelas VIII E SMP Islam Sudirman Ambarawa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray “. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Kusumantoro, S.Pd., M.Si. II. Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil belajar, Pokok Bahasan Ketenagakerjaan Metode pembelajaran sebelum dilaksanakan penelitian masih menggunakan metode kovensional, yaitu dengan menggunakan ceramah. Hasil belajar siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa juga masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan hasil tes ulangan sisa sebelum penelitian. Siswa yang belum tuntas atau memiliki nilai kurang dari 62 yang merupakan batas KKM adalah sejumlah 20 siswa, sedangkan yang sudah memenuhi batas tuntas adalah sejumlah 23 siswa, dengan prosentase kelulusan hanya 53,48%. Hal ini menujukkan bahwa hampir setengah dari siswa kelas VIII E belum dapat mencapai hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam proses pembelajaran dalam setiap siklusnya guru membagikan lembar diskusi siswa yang harus dikerjakan oleh kelompok siswa. observer mengamati aktivitas siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penilaian hasil belajar siswa diambil berdasarkan hasil kerja kelompok dan pengematan aktivitas siswa oleh observer. Dalam akhir proses pembelajaran guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari den guru memberi koreksi dan motivasi kepeda siswa. Hasil penilaian siswa pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 66,62 dengan prosentase kelulusan sebesar 62,79%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 77,09 dengan prosentase kelulusan sebesar 93.02%. proses pembelajaran ini juga mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Siswa juga memberikan respon positif terhadap model pembelajaran tersebut. Kepada guru dan calon guru dapat menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebagai salah satu metode alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 00:43 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7742 |
Actions (login required)
View Item |