Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sumurbanger 01 Kabupaten Batang.


Luqman hakim, 1402908113 (2010) Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sumurbanger 01 Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sumurbanger 01 Kabupaten Batang.]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN 01 Sumurbanger 01 Kabupaten Batang.) - Submitted Version
Download (407kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan proses pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Pembelajaran IPA menurut kurikulum adalah berorientasi pada siswa. Kenyataan yang terjadi Di SDN 01 Sumurbanger Kabupaten Batang pembelajaran IPA masih didominasi dengan ceramah oleh guru. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran tidak efektif sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, diadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan kontekstual (CTL) pada pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN Sumurbanger 01 Kabupaten Batang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual (CTL), (2) apakah penerapan pendekatan kontektual (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual (CTL). Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual (CTL), (2) mengetahui prestasi belajar siswa melalui pendekatan kontekstual (CTL), (3) mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan kontekstual (CTL) pada pembelajaran IPA kelas V SDN 01 Sumurbanger. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Sumurbanger Kabupaten Batang dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 13 siswa putri. Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Sumurbanger Kabupaten Batang. Penelitian ini meneliti tentang aktivitas guru dan siswa dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada tiap siklusnya baik dari segi keaktifan siswa maupun hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 65,25%, pada siklus II meningkat menjadi 71,69%, dan pada siklus III mencapai 81,33%. Data hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 68,57 dengan ketuntasan belajar sebesar 53,57%, pada siklus II nilai rata-rata 73,57 dengan ketuntasan belajar sebesar 82,14%, dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 76,07 dengan ketuntasan belajar mencapai 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN 01 Sumurbanger. Bagi pihak-pihak lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut, disarankan untuk mengembangkan pendekatan kontekstual baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lain karena pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dan kinerja guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual (CTL), Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2011 04:09
Last Modified: 25 Apr 2015 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item