MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG
Lelia Vika Erdian , 1402407060 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Erdian, Lelia Vika. 2011. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Munisah,M.Pd, Pembimbing II: Drs. Susilo,M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Media Gambar, Pembelajaran IPS. Mata pelajaran IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Berdasarkan dokumentasi kelas IV daftar nilai IPS tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar mencapai 50%, dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Apakah model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media gambar, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang?; (2) Apakah model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media gambar, dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang?; (3) Apakah model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media gambar, dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS, menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan media gambar; (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS, menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan media gambar; (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS, menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan media gambar. Penelitian tindakan kelas ini, setiap siklus atau putaran terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Fokus penelitian (1) Keterampilan Guru; (2) Aktivitas Siswa, (3) Hasil Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I dengan persentase 68% dalam kategori baik, siklus II dengan persentase 80% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 87% dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I dengan persentase 65% dalam kategori baik, siklus II dengan persentase 78% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 89% dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 62,5% (15 dari 24 siswa mencapai KKM) dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 70,83% (17 dari 24 siswa mencapai KKM) dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 83,33% (20 dari 24 siswa mencapai KKM) dengan kategori baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Saran-saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan model atau strategi dan mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving, Media Gambar, Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 00:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7708 |
Actions (login required)
View Item |