Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan.


Cipta Diana Ningrum, 1402407069 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Cipta Diana. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Sungapan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd., II. Drs. Daroni, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Hasil belajar IPA Penggunaan ceramah sebenarnya kurang membuat siswa aktif namun masih banyak guru yang menerapkannya dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran IPA yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). NHT (Numbered Head Together) dapat membuat siswa berpartisipasi aktif sebab selama pembelajaran siswa saling bekerja sama dalam suatu kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan siswa yang tidak mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together dan apakah hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) lebih tinggi dari pada yang tidak menggunakan NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran IPA dengan materi daur air siswa kelas V. Tujuannya yaitu untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran IPA materi daur air. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 02 dan 03 Sungapan Semester II tahun ajaran 2010/2011. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 03 Sungapan yang berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 02 Sungapan yang berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan observasi. Hasil rata-rata nilai posttest IPA materi daur air di kelas eksperimen yaitu 73,81 sedangkan kelas kontrol yaitu 59,06. Berdasarkan uji normalitas terhadap hasil posttest, kelas eksperimen yaitu 0,018. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh 0,198. Kedua data tersebut tidak berdistribusi normal sebab salah satu kelas tidak berdistribusi normal dikarenakan hasilnya kurang dari 0,05, sehingga tidak perlu dilakukan uji homogenitas. Perhitungan hipotesisnya menggunakan Mann-Whitney U (Uji U) karena data tidak berdistribusi normal. Setelah perhitungan dengan uji U diperoleh hasil 0,038, yang berarti <0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima atau Ho ditolak. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPA materi daur air terhadap siswa kelas V di SD Negeri 03 Sungapan. viii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:51
Last Modified: 25 Apr 2015 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item