EFEKTIVITAS METODE PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADSTOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MA NU MU’ALLIMAT KUDUS


Rica Sylviana Br Bukit, 7101407252 (2011) EFEKTIVITAS METODE PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADSTOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MA NU MU’ALLIMAT KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADSTOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MA NU MU’ALLIMAT KUDUS] PDF (EFEKTIVITAS METODE PEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADSTOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MA NU MU’ALLIMAT KUDUS) - Published Version
Download (165kB)

Abstract

Bukit, Rica Sylviana Br. 2011. “Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Power point Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MA NU Mu’allimat Kudus”. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Pembimbing I Drs. Fachrurrozie, M.Si. Pembimbing II Trisni Suryarini, SE., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Akuntansi, Motode Pembelajaran NHT (Numbered-Heads-Together), Media Pembelajaran Power Point Metode NHT adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Metode pembelajaran NHT sesuai jika diberikan bagi siswa yang belum pernah mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif sebelumnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered- Heads-Together) dengan pemanfaatan media pembelajaran Power point lebih efektif daripada penggunaan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MA NU Mu’allimat Kudus?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA NU Mu’allimat Kudus yang tediri dari tiga kelas. Dengan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan pemanfaatan media pembelajaran power point dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis menggunakan uji beda t-test. Hasil penelitian data hasil belajar, sebelum pemberian treatment rata-rata nila pre-test kelas eksperimen sebesar 64,54 dan kelas kontrol sebesar 65,24. Setelah treatment rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 74,63 dan kelas kontrol sebesar 70,66. Hasil Belajar untuk kelas eksperimen meningkat 15,63% dan hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 8,31%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan pemanfaatan media pembelajaran power point lebih efektif daripada dengan yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional berbantuan buku paket ekonomi kelas XI SMA penerbit BSE untuk materi akuntansi pokok bahasan jurnal umum di MA NU Mu’allimat Kudus. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata nilai yang diperoleh kelas yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered- Heads-Together) dengan pemanfaatan media pembelajaran power point lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional berbantuan buku paket ekonomi kelas XI SMA penerbit BSE.. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru dapat menerapkan metode ix pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan pemanfaatan media pembelajaran power point karena dapat melengkapi metode pembelajaran konvensional (ceramah dan penugasan) yang biasa digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi, dan dengan adanya variasi dalam penggunaan metode dan media pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa dapat lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Akuntansi, Motode Pembelajaran NHT (Numbered-Heads-Together), Media Pembelajaran Power Point
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:50
Last Modified: 14 Nov 2011 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7678

Actions (login required)

View Item View Item