PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TUTOR SEBAYA DI MAN 2 KUDUS


Tri Purwanti , 4401406546 (2011) PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TUTOR SEBAYA DI MAN 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TUTOR SEBAYA DI MAN 2 KUDUS]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SISTEM SARAF DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TUTOR SEBAYA DI MAN 2 KUDUS) - Published Version
Download (281kB) | Preview

Abstract

Purwanti, Tri. 2011. Pembelajaran Sistem Saraf Dengan Teknologi Informasi Dan Tutor Sebaya Di MAN 2 Kudus. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Lisdiana, M. Si dan dr. Nugrahaningsih W.H., M.Kes. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan pada beberapa sekolah di kabupaten Kudus diperoleh data bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem saraf. Dalam pembelajaran, walaupun telah didukung oleh teknologi informasi yang berupa cakram padat ternyata interaksi dan komunikasi antar siswa relatif rendah. Teknologi informasi yang berupa cakram padat akan efektif apabila dikombinasikan dengan pembelajaran kooperatif yaitu tutor sebaya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan teknologi informasi dan tutor sebaya efektif diterapkan pada pembelajaran konsep sistem saraf di MAN 2 Kudus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil dengan cara cluster random sampling hasilnya diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan tutor sebaya.. Persentase rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen termasuk dalam kriteria sangat aktif yaitu 52,38% sedangkan pada kelas kontrol yang termasuk dalam kriteria aktif yaitu sebesar 44,19%. Persentase ketuntasan belajar pada kelas eksperimen secara klasikal adalah 88,10 dan pada kelas kontrol yaitu 65,11%. Hasil uji t hasil belajar siswa menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknologi informasi dan tutor sebaya efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem saraf manusia di MAN 2 Kudus. Kata kunci: Teknologi informasi, tutor sebaya, dan sistem saraf manusia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi, tutor sebaya, dan sistem saraf manusia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:51
Last Modified: 14 Nov 2011 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item View Item