PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN BANTUAN TEMBOK METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS V SDN GODO 03 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011


Salimun , 6301909028 (2011) PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN BANTUAN TEMBOK METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS V SDN GODO 03 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN BANTUAN TEMBOK METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS V SDN GODO 03 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN PASSING BAWAH DENGAN BANTUAN TEMBOK METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI SISWA PUTRA KELAS V SDN GODO 03 KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Salimun (2011). Pengaruh Latihan Passing Bawah dengan Bantuan Tembok Metode Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Mini Siswa Putra Kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh latihan passing bawah dengan bantuan tembok metode langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan pass bawah dalam permainan bola voli siswa putra kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/ 2011, dan (2) manakah yang lebih baik latihan pass bawah dengan bantuan tembok metode langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan pass bawah dalam permainan bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati? Populasi penelitian Siswa Putra Kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun 2011, sebanyak 16 orang, oleh karena itu semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian dikelompokkan menjadi dua, yaitu sampel peneletian yang melakukan passing bawah dengan metode langsung (kelompok eksperimen) dan sampel peneletian yang melakukan passing bawah dengan metode tidak langsung (kelompok kontrol). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan masing-masing kelompok melakukan 16 kali latihan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes awal dan tes akhir kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli mini. Hasil penelitian menunjukkan t hitung ternyata lebih besar dari t tabel (9,956>2,365) dengan N= 8-1=7 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh antara passing bawah dengan bantuan tembok metode langsung dan metode tidak langsung terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati, dan (2) metode langsung ternyata lebih baik dari pada dan metode tidak langsung terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas V SD Negeri Godo 03 Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Hal ini terbukti dari perbedaan angka mean = 2,81250, di mana angka ini berasal dari nilai mean metode langsung (kelompok eksperimen) dikurangi nilai mean metode tidak langsung (kelompok kontrol) menunjukkan bahwa nilai 2,81250>2,356. Berdasarkan hasil penelitian, guru pendidikan jasmani hendaknya menggunakan metode langsung dalam pembelajaran passing bawah, guru harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan alat atau fasilitas, memvariasikan pembelajaran dalam latihan agar siswa tertarik dan antusias mengikuti proses pembelajaran dalam permainan bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:52
Last Modified: 14 Nov 2011 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7666

Actions (login required)

View Item View Item