PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MACTH PADA SISWA KELAS III SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG


Ahmini, 1402407038 (2011) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MACTH PADA SISWA KELAS III SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MACTH PADA SISWA KELAS III SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MACTH PADA SISWA KELAS III SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (303kB) | Preview

Abstract

Ahmini. Skripsi. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas III SDN Kandri 01 Kota Semarang. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Index Card Match Berdasarkan refleksi awal dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Kandri 01 Kota Semarang kurang optimal, karena cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang, sehingga minat belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 38,71%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan strategi Index Card Match keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Kandri 01 dapat meningkat? (2) Apakah dengan strategi Index Card Match aktifitas siswa kelas III SDN Kandri 01 dalam pembelajaran IPA dapat meningkat? (3) Apakah dengan strategi Index card Match hasil belajar siswa kelas III SDN Kandri 01 dalam pembelajaran IPA dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA melalui strategi Index Card Match pada siswa kelas III SDN Kandri 01, (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi Index Card Match pada siswa kelas III SDN Kandri 01, (3) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi Index Card Match pada siswa kelas III SDN Kandri 01. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Peneliti dilakukan di kelas III SDN Kandri 01 Kota Semarang tahun pelajaran 2010 / 2011, dengan jumlah siswa 32, yang terdiri dari 16 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Dalam penelitian ini pengambilan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui strategi Index Card Match pada siswa kelas III SDN Kandri 01 Kota Semarang pada siklus I dapat meningkatkan keterampilan guru dengan katagori cukup dengan skor 18, pada siklus II keterampilan guru meningkat dengan skor 21 dan masuk dalam katagori baik, sedangkan pada siklus III keterampilan guru meningkat dengan skor 25 dengan katagori baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I keaktifan siswa mendapatkan skor 26,03 , pada siklus II mendapatkan skor 28,6 dan pada siklus III aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan skor 31,2. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 59,38%, pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 71,88% dan pada siklus III hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dengan skor 84,38%. Sesuai data yang dipaparkan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Index Card Match kualitas pembelajaran IPA dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran sebagai beikut: 1) Guru dalam mengelola kelas sebaiknya melibatkan siswa secara aktif agar siswa merasa senang dan merasa dihargai, 2) Guru hendaknya berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif, 3) Guru hendaknya memanfaatkan sumber dan media yang telah tersedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Index Card Match
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:54
Last Modified: 14 Nov 2011 00:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item