PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERSTRATEGI ELABORASI DENGAN PENERAPAN STUDY IN LIBRARY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X


DWI SETYOWATI, 4301407052 (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERSTRATEGI ELABORASI DENGAN PENERAPAN STUDY IN LIBRARY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERSTRATEGI ELABORASI DENGAN PENERAPAN STUDY IN LIBRARY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X] PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERSTRATEGI ELABORASI DENGAN PENERAPAN STUDY IN LIBRARY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X) - Published Version
Download (130kB)

Abstract

Suasana pembelajaran saat ini cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Kepasifan siswa tersebut menjadi salah satu masalah pokok dalam pembelajaran, sehingga daya serap siswa menjadi rendah. Hal ini tampak dari rerata hasil belajar siswa yang masih di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran konstruktivistik berstrategi elaborasi dengan penerapan study in library terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran konstruktivistik berstrategi elaborasi dengan penerapan study in library terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Sukorejo kelas X semester 2 tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh rata–rata hasil posttest mencapai 75.83 dan pada kelas kontrol 71.52. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol digunakan uji t. Hasil yang diperoleh thitung (2.270) > ttabel (1,670) yang berarti bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran konstruktivistik terhadap hasil belajar, digunakan uji koefisien korelasi biserial dan diperoleh hasil sebesar 0.617, sehingga besarnya koefisien determinasi sebesar 38 %. Pada aspek psikomotorik dan afektif, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh model pembelajaran konstruktivistik berstrategi elaborasi dengan penerapan study in library terhadap hasil belajar siswa, sehingga guru kimia dan siswa diharapkan dapat menerapkan inovasi model pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa dan membuat siswa dapat lebih berfikir kreatif dan kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konstruktivistik, elaborasi, study in library
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:55
Last Modified: 13 Dec 2013 10:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7628

Actions (login required)

View Item View Item