Kesesuaian Evaluasi dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011

Indri Jatiningtyas, 2102407074 (2011) Kesesuaian Evaluasi dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Kesesuaian Evaluasi dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011)
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Jatiningtyas, Indri. 2011. Kesesuaian Evaluasi dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Agus Yuwono, M.Si., M.Pd., Pembimbing II Mujimin, SPd. Kata kunci: evaluasi, indikator, RPP, menyimak. Evaluasi digunakan untuk mengukur keberhasilan indikator dalam proses pembelajaran. Guru dalam menyusun evaluasi harus disesuaikan dengan indikator yang ada. Jika dalam RPP indikator sesuai dengan evaluasi, maka RPP tersebut telah memenuhi standar minimal RPP yang ada di SMK N 1 Sale. Permasalahan penelitian ini adalah adakah kesesuaian evaluasi dengan indikator dalam RPP pada aspek menyimak mata pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian evaluasi dengan indikator dalam RPP pada aspek menyimak mata pelajaran Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah RPP Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale Kabupaten Rembang tahun ajaran 2010/2011 dan data hasil wawancara dengan guru bahasa Jawa di sekolah tersebut. Data penelitian berupa evaluasi dan indikator pada RPP bahasa Jawa aspek menyimak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan telaah data. Data penelitian yang telah ditelaah dan disimpulkan akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa kesesuaian antara evaluasi dengan indikator pada RPP bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Sale dari semua jenjang mulai semester 1 dan semester 2 sudah memenuhi standar RPP baik. Kesesuaian antara indikator dan evaluasi ada 66.2% dan indikator dan evaluasi yang tidak sesuai ada 33.8%. Indikator dan evaluasi yang tidak sesuai terdiri dari indikator yang tidak ada evaluasi 21.3% dan evaluasi yang tidak ada indikator 12.6%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan kepada guru bahasa Jawa yaitu, sebaiknya dalam menentukan evaluasi pada setiap kompetensi guru lebih memperhatikan kesesuaian antara indikator dan evaluasi. Dalam setiap indikator hanya memiliki satu butir soal untuk menilai pencapaian keberhasilan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: evaluasi, indikator, RPP, menyimak
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: ragil setiawan fisika
    Date Deposited: 13 Nov 2011 19:50
    Last Modified: 13 Nov 2011 19:50

    Actions (login required)

    View Item