KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL DALAM MAJALAH ELLE


Afita Agus Dwi Ningsih , 2301403029 (2009) KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL DALAM MAJALAH ELLE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL DALAM MAJALAH ELLE]
Preview
PDF (KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL DALAM MAJALAH ELLE) - Published Version
Download (350kB) | Preview

Abstract

Kohesi leksikal, iklan. Salah satu bentuk alat komunikasi tidak langsung adalah iklan.Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu (Liliweri dalam Widyatama 2007 :15). Dalam penyampaiannya, iklan dapat ditampilkan dalam berbagai media, salah satunya adalah media cetak seperti surat kabar dan majalah. Kata atau kalimat dalam iklan media cetak memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan itu sendiri, sehingga antar kalimat yang satu dengan kalimat yang lain harus saling berpadu. Kepaduan tersebut dibentuk oleh kohesi. Kohesi merupakan suatu keadaan yang dibutuhkan untuk mencapai kesatuan makna yang dimiliki teks. Oleh karena kepaduan makna memegang peranan penting dalam bahasa iklan untuk menyampaikan maksud iklan itu sendiri, maka penelitian ini memfokuskan untuk meneliti penanda atau pemarkah leksikal apa saja yang mampu menunjang terbentuknya kepaduan makna dalam wacana-wacana iklan yang terdapat dalam majalah Elle. Penulis mengambil data dari majalah Elle edisi Januari dan Mei tahun 2008 karena data-data tersebut merupakan data terbaru selama kajian penelitian ini dan secara tidak langsung data tersebut belum pernah diteliti. Pengambilan sumber data yang berupa majalah Elle ini oleh penulis dikarenakan majalah tersebut adalah majalah mingguan wanita yang di dalamnya banyak ditemukan iklan komersial seperti iklan untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari, selain itu, karena majalah ini mudah ditemukan di Indonesia dibanding majalah-majalah Prancis yang lainnya. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan korpus data, mengumpulkan data, dan menganalisis data. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik pustaka. Korpus data terdiri dari 10 iklan yang mengandung kohesi leksikal yang terdapat dalam majalah Elle. Data yang diperoleh dicatat dalam kartu data, kemudian dianalisis menggunakan teknik Pilah Unsur Penentu. Berdasarkan analisis di atas, penulis menyimpulkan bahwa bentuk kohesi leksikal yang ditemukan pada wacana iklan dalam majalah Elle, yaitu repetisi, sinonimi, hiponimi, metonimi, dan kolokasi.Dalam sebuah iklan ditemukan beberapa bentuk kohesi leksikal. Penggunaan bentuk repetisi paling dominan ditemukan karena pembuat iklan ingin mengurangi pemakaian kata ganti untuk menghindari kebingungan pembaca dalam memahami iklan tersebut, sedangkan bentuk antonimi tidak ditemukan karena pengiklan pada umumnya tidak menyertakan pembanding yang bertolak belakang dalam menjelaskan produknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kohesi leksikal, iklan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 03:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item