EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII


Sri Lestari Handayani , 4201407052 (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI THREE-STAGE FISHBOWL DECISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP TEKANAN DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Handayani, S. L. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Three-stage Fishbowl Decision Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Tekanan dan Aktivitas Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.Pembimbing I: Dr. Sarwi, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Putut Marwoto, M.S. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Aktif, Three-stage Fishbowl Decision, Hasil Belajar, Aktivitas Keterlibatan siswa baik intelektualnya dan emosionalnya dapat membawa pemahaman konsep siswa yang lebih baik. Siswa diharapkan dapat memahami konsep fisika dengan kemampuan memahami yang dimiliki siswa itu sendiri karena setiap siswa memiliki cara memahami materi pelajaran yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Three-stage Fishbowl Decision dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa SMP kelas VIII pada konsep Tekanan. (2) Menguji efektivitas model pembelajaran Active Learning dengan strategi Three-stage Fishbowl Decision jika dibandingkan pembelajaran ceramah dan tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada konsep Tekanan. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan secara purposive acak. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pretest–posttest control group design. Berdasarkan uji gain <g>, peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 0,469 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,298 (rendah). Uji satu pihak yang digunakan untuk menganalisis diperoleh thitung sebesar 3,533 dan ttabel sebesar 1,665 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran aktif dengan Three-stage Fishbowl Decision efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan uji gain <g>, aktivitas siswa untuk kelas eksperimen meningkat sebesar 0,301 (sedang), sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,088 (rendah). Tampak bahwa siswa di kelas eksperimen melakukan lebih banyak aktivitas selama pembelajaran dibandingkan siswa di kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif dengan Three-stage Fishbowl Decision lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tekanan dan aktivitas siswa SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Aktif, Three-stage Fishbowl Decision, Hasil Belajar, Aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:54
Last Modified: 25 Apr 2015 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item