Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Sistem Perekonomian Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun Pelajaran 2006/2007.


Nita Kurniasari , 3301403105 (2007) Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Sistem Perekonomian Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun Pelajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Sistem Perekonomian Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun Pelajaran 2006/2007.]
Preview
PDF (Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pokok Bahasan Sistem Perekonomian Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun Pelajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (918kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dengan metode yang digunakan sehingga guru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, perspektif, dan proaktif dalam melakukan tugas pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di kelas VIII E SMP NU 01 Muallimin Weleri menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah memahami bacaan dan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, sedangkan mata pelajaran Pengetahuan Sosial (PS) Ekonomi adalah mata pelajaran yang kebanyakan adalah berupa uraian teks yang panjang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 62,80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,54 %. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PS Ekonomi melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan Sistem Perekonomian Indonesia. Metode pembelajaran SQ3R merupakan metode belajar yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite, dan review yang mempunyai tujuan agar kegiatan membaca dapat dilaksanakan sesingkat mungkin dan dengan daya serap yang tinggi. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran kooperatif dimana metode pembelajaran kooperatif merupakan suatu sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerjasama kelompok yang teratur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII E SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari :(1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyusun instrumen penelitian; (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan pembelajaran PS Ekonomi pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif; (3) Pengamatan, yaitu pengambilan data melalui tes dan lembar observasi; (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari masing-masing siklus yaitu pada siklus I sebesar 66,95 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,05%; pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 73,78 dengan ketuntasan klasikal 87,80%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal aspek afektif pada siklus I sebesar 73,2 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,8 %. Dari hasil pengamatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran diperoleh skor 26 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II diperoleh skor 33 dengan kategori amat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP NU 01 Muallimin Weleri pada pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hendaknya metode ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan diharapkan perlu kajian-kajian penelitian lebih lanjut untuk menyempurnakan penelitian ini, sehingga lebih bermanfaat bagi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dalam Pembelajaran Kooperatif.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2011 03:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item