KESALAHAN PENERAPAN UNGGAH-UNGGUH RAGAM KRAMA TULISAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEJOBO


Wahyu Teguh Riyadi NIM , 2102406640 (2011) KESALAHAN PENERAPAN UNGGAH-UNGGUH RAGAM KRAMA TULISAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEJOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESALAHAN PENERAPAN UNGGAH-UNGGUH RAGAM KRAMA TULISAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEJOBO]
Preview
PDF (KESALAHAN PENERAPAN UNGGAH-UNGGUH RAGAM KRAMA TULISAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEJOBO) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Riyadi, Wahyu Teguh. 2011. Kesalahan Penerapan Unggah-Ungguh Ragam Krama Tulisan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Esti Sudi Utami B.A., M.Pd., Pembimbing II: Mujimin, S.Pd. Kata kunci: kesalahan penerapan unggah-ungguh, ragam karma Siswa SMP Negeri 1 Mejobo Kabupaten Kudus belum bisa menulis bahasa Jawa krama dengan benar. Siswa masih sering salah ketika memilih kata ngoko, kata krama dan krama inggil. Masalah tersebut karena siswa kurang menguasai unggah-ungguh bahasa Jawa, sehingga siswa masih sering salah ketika menulis menggunakan bahasa Jawa. Kesalahan bisa dilihat dari hasil karangan basa Jawa krama siswa yang masih saja menggunakan kata ngoko dan dari bahasa Indonesia. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk kesalahan penerapan unggah-ungguh ragam krama tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo Kabupaten Kudus. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penerapan unggah-ungguh ragam krama tulisan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo Kabupaten Kudus. Pendekatan yang digunakan dipenelitian ini yaitu pendekatan analisis kesalahan berbahasa dan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu kalimat berbahasa Jawa ragam krama siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo yang mengandung kesalahan penerapan unggah-ungguh. Sumber data penelitian ini yaitu tulisan siswa pada kompetensi dasar menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam krama kelas VII SMP Negeri 1 Mejobo Kabupaten Kudus. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik penggolongan. Adapun pemaparan hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menunjukkan kalau kesalahan penerapan unggahungguh ragam krama yang ada pada karangan siswa dibedakan dua bentuk yaitu kata dasar dan kata turunan. Kesalahan kata dasar meliputi (1) kesalahan penggunaan kosakata ngoko dalam kalimat ragam krama; (2) kesalahan penggunaan kosakata krama inggil dalam kalimat ragam krama; (3) kesalahan penggunaan kosakata bahasa Indonesia. Kesalahan kata turunan meliputi (1) kesalahan penggunaan kata turunan ngoko dalam kalimat ragam krama. Kesalahan ini meliputi kesalahan penggunaan afiks di-, kesalahan penggunaan afiks ake-, kesalahan penggunaan afiksasi di-i, dan kesalahan penggunaan afiksasi di-ake; (2) kesalahan penggunaan kata turunan bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis tersebut, saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dalam mengajar bahasa Jawa supaya lebih sering menggunakan bahasa Jawa krama dan lebih memperhatikan kata yang digunakan siswanya. Buat penelitian bidang bahasa saran yang diberikan adalah mengadakan penelitian lanjutan, misalnya analisis kesalahan dibidang morfologi, fonologi, atau sintaksis dengan obyek yang sama yaitu bahasa Jawa ragam krama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan penerapan unggah-ungguh, ragam karma
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:00
Last Modified: 25 Apr 2015 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7547

Actions (login required)

View Item View Item