EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KUADRAT SISWA KELAS X SMA 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Banu Hamdan , 4101404572 (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KUADRAT SISWA KELAS X SMA 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KUADRAT SISWA KELAS X SMA 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KUADRAT SISWA KELAS X SMA 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara pandang matematika merupakan pelajaran yang dirasa sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa. Hal ini berdampak buruk bagi prestasi belajar sisiwa. Untuk itu diperlukan strategi yang baru yang mampu melibatkan secara maksimal seluruh kamampuan siswa sehingga mereka lebih percaya diri untuk menemukan suatu konsep matamatika. Model pembelajaran inkuiri merupakan suatu rangkain kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya, dengan penuh percaya diri. Oleh karena itu muncul permasalahan apakah model pembelajaran berbasis inkuiri lebih efektif dari pada model pembelajaran ekspositori. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis inkuiri lebih efektif dari pada model pembelajaran ekspositori. Langkah kerja dalam penelitian ini antara lain: Perencanaan yang meliputi menentukan sampel kelas kontrol dan eksperimen serta merancang instrumen yang akan digunakan untuk melakukan penelitian, pelaksanaan yang meliputi mengujicoba instrumen di kelas ujicoba dan melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri pada kelas eksperimen dan ekspositori pada kelas kontrol. Evaluasi meliputi tes hasil belajar mengenai materi pokok fungsi kuadrat yang terdiri dari soal pilihan ganda dan soal uraian, penyebaran angket pada siswa kelas eksperimen dilakukan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil uji perbedaan ratarata denganα =5% diperoleh thitung= -3,09 dan ttabel = 1,66, sehingga thitung ≤ - ttabel, hal ini menyatakan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih efektif daripada kelas kontrol. Selain itu, dari siswa yang menerapkan pembelajaran inkuiri belum seluruh siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individual, namun secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan belajar lebih dari 85% yang artinya siswa kelas eksperimen telah memenuhi indikator keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran bahwa para guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri sebagai alternatif karena lebih efektif dari pada model pembelajaran ekspositori, model ini membutuhkan perhatian khusus dalam perencanaan waktu sehingga pembelajaran tidak menyita banyak waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri, LKS, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 02:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item