KEEFEKTIFAN METODE SAS (STRUKTUR ANALISIS SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 JEPARA


Susilo , 2301407018 (2011) KEEFEKTIFAN METODE SAS (STRUKTUR ANALISIS SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE SAS (STRUKTUR ANALISIS SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 JEPARA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE SAS (STRUKTUR ANALISIS SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 JEPARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Susilo. 2011. Keefektifan Metode SAS (Struktur Analisis Sintesis) dalam Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis pada Siswa Kelas X SMAN 1 Jepara. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Dwi Astuti, M.Pd; Pembimbing II : Neli Purwani, S.Pd. Kata kunci : Metode SAS, Membaca nyaring. Dalam pembalajaran membaca nyaring bahasa Prancis, pembelajar pemula mengalami kesulitan, terutama dalam melafalkan fonem-fonem yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Meski bahasa Prancis menggunakan huruf latin seperti halnya bahasa Indonesia, namun ada huruf dan tanda baca yang asing bagi pembelajar pemula bahasa Prancis, yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Seperti penggunaan accent, apostrhophe, dan ç (cédille). Ditambah lagi pelafalan atau cara membaca yang berbeda dari bahasa Indonesia. Kesulitan serupa juga disebabkan karena adanya persamaan dan perbedaan tata bunyi. Walaupun pelafalannya memiliki fonem yang sama, namun belum tentu tersusun atau terkonstruk dari susunan huruf yang sama pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Metode SAS (Struktur Analisis Sintesis) efektif dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis pada siswa kelas X SMAN 1 Jepara? Oleh sebab itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan Metode Struktur Analisis Sisntesis (SAS) dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis pada siswa kelas X SMAN 1 Jepara. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode one shoot case study design, menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas tes digunakan rumus K-R. 20. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus deskripsi persentase. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode SAS dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas setelah diajar menggunakan metode SAS mencapai 82, sehingga penerapan Metode SAS dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis pada siswa kelas X SMAN 1 Jepara, dikatakan efektif dan Ha: “Metode SAS (Struktur Analisis Sintesis) efektif dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis di SMA Negeri 1 Jepara”, diterima

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Membaca nyaring
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:01
Last Modified: 25 Apr 2015 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7531

Actions (login required)

View Item View Item