KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP
Dwiani Listya Kartika , 4101407003 (2011) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP)
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kartika, Dwiani Listya. 2011. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika pada Pembelajaran Matematika SMP. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. Suhito, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Isnarto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Keefektifan model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Komunikasi Matematika Pembelajaran matematika yang banyak dilaksanakan saat ini menunjukkan kecenderungan pada pencapaian target materi semata sehingga doing math seperti komunikasi matematika yang seharusnya mendapat fokus perhatian menjadi sering terabaikan. Salah satu model pembelajaran yang berpotensi untuk menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik secara efektif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Berdasarkan latar belakang tersebut, dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) ketuntasan belajar dan tingkat keaktifan peserta didik pada aspek kemampuan komunikasi matematika melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Sokaraja Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil analisis data akhir dengan uji proporsi pihak kanan menunjukkan proporsi ketuntasan belajar aspek komunikasi matematika tertulis peserta didik kelas eksperimen dan kontrol telah melampaui 80%. Hasil analisis observasi aktivitas peserta didik kelas eksperimen aspek komunikasi lisan menunjukkan rata-rata presentase keaktifan peserta didik memenuhi kriteria aktif karena telah melampaui 62,5%. Selanjutnya, dari hasil uji kesamaan dua proporsi diketahui bahwa proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen lebih dari proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis, penggunaan model pembelajaran CIRC efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik karena kegiatan pokok dalam pembelajaran ini mengintegrasikan aktivitas yang memungkinkan peserta didik menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematika yang mereka miliki dalam proses pembelajaran. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat mencapai kualifikasi keefektifan yang ditentukan dan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik baik secara tertulis maupun lisan dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan model pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Komunikasi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7516 |
Actions (login required)
View Item |