Strategi Guru GeografiDalamMempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus Tahun 2010


Masyudhi, 3201406530 (2011) Strategi Guru GeografiDalamMempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of Strategi Guru GeografiDalamMempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus Tahun 2010]
Preview
PDF (Strategi Guru GeografiDalamMempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus Tahun 2010) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Masyudhi. 2011. Strategi Guru GeografiDalamMempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus Tahun 2010. Skripsi, JurusanGeografi, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Semarang. Drs. Juhadi, M.Si, dan Dr. Eva Banowati, M.Si, 91halaman. Kata kunci:setrategi persiapan, guru geografi, ujian nasional Setrategi guru geografidalammempersiapkanUjianNasional (UN) merupakanlangkah yang harusdilakukanoleh guru geografi.Siswaharusdisiapkansecara mental maupunakademik agar mencapaikelulusan 100% dengannilai yang memuaskan. Di Kabupaten Kudus kelulusanujiannasionalmatapelajarangeografisudahsangatbaikyaitumencapai 99,82%. Permasalahannya adalah Bagaimanastrategi guru geografi SMA/MA di Kabupaten Kudus dalammempersiapkansiswauntukmenghadapiUjianNasional dan apahambatan guru geografidalamstrategimempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus tahun 2010. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuistrategi yang digunakan guru geografidalammempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus danhambatan yang adadalammelakukanstrategipersiapanUjianNasional. Jenispenelitianiniadalahpenelitian deskriptif.Populasidalampenelitianiniadalah guru geografi SMA/MA di Kabupaten Kudus.Penelitianinitermasukdalampenelitianpopulasi.Jumlahsampelsebanyak 44 responden.Metode pengumpul data dalam penelitian ini dengancaraangketdanwawancara, dengan jumlah soal 27 itemangketyang sebelumnya telah diuji cobakan dan 5 buahpertanyaanwawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah teknikdeskriptifpersentase. Hasil penelitian menunjukkanbahwa, strategi guru geografidalammempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus tahun 2010 dalampersiapan mental menghadapiUjianNasionaltermasuk 1 kali dalamsetahunyaitudenganpersentase 40,91 %. SedangkanpersiapanakademikdalammenghadapiUjianNasionaltermasukselaludilakukan setiap tahun yaitudenganpersentase 47,73 %. Sedangkanhambatan yang adadalammempersiapkanujiannasionalmasihbanyak, diantaranyaadalahkurangnya jam pelajaran, siswamenyepelekanUjianNasional, siswakesulitandalammemahami SKL,siswakurangbelajar, SKL terlaluluas, kurangnya media yang dimilikisekolah, siswa yang membolos, kompetensisiswa yang kurang, kurangnyakordinasi guru-guru MGMP geografiuntukmembahasUjianNasional, materiterlalubanyak, perbedaankompetensisiswa, kurangnyaperhatian orang tua, banyaknyapemadatanmateridisemuamatapelajaran, siswakurangpercayadiri. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa persiapan mental sudah dilaksanakan akan tetapi dengan intensitas yang rendah yaitu 1 kali dalam setahun sedangkan persiapan akademik selalu dilakukan dalam mempersiapkan ujian nasional. Hambatan yang paling banyak dikeluhkan guru adalah SKL yang terlalu luas. Saran yang diberikanyaitudalammempersiapkan mental siswamenghadapiUjianNasionaldalam kegiatan hipnoterapi sebaiknya lebih ditingkatkan frekuensinya.SedangkanuntukpersiapanakademikdalammempersiapkanUjianNasional SMA/MA di Kabupaten Kudus harusselaludipertahankan agar tingkatkelulusan yang tinggibisaselalutercapaibahkandengannilai yang memuaskan. Dalam hal ini yang perlu di tingkatkan adalah pendampingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar melalui kegiatan pelayanan individual. Guru hendaknya lebih meningkatkan pertemuan dalam forum MGMP untuk membahas SKL sebelum diberikan kepada siswa. Selain itu perlu adanya pengawasan kegiatan belajar siswa di sekolah maupun di rumah oleh guru, dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: setrategi persiapan, guru geografi, ujian nasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:03
Last Modified: 14 Nov 2011 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item