Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Ungaran


Ummi Maghfiroh, 4201406037 (2010) Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Ungaran]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Ungaran) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal peserta didik yang masih rendah pada materi-materi yang memiliki kompetensi dasar menganalisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan pembelajaran bervisi SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bervisi SETS yang diterapkan, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis, dan mengetahui besar indeks kinerja guru. SETS adalah visi atau pendekatan yang memiliki fokus utama memberikan pengalaman penyelidikan pada peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat serta kesalingketerkaitannya. Penyelidikan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Lokasi penelitian adalah SMA N 2 Ungaran dengan subjek penelitian peserta didik kelas X9 tahun ajaran 2009/2010. Data kemampuan berpikir analitis diperoleh dari lembar kerja siswa, lembar diskusi, dan tes akhir siklus, dilengkapi hasil belajar kognitif yang diperoleh dari tes akhir siklus dan hasil belajar psikomotorik yang diperoleh dari lembar observasi psikomotorik. Data kinerja guru diperoleh dari lembar observasi kinerja guru. Uji statistika yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis adalah uji t (uji signifikansi) dan uji g(gain). Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis peserta didik yang signifikan namun masuk dalam kategori rendah yang diperoleh dari uji gain. Peningkatan ini juga dapat dilihat dari ketuntasan klasikalnya, pada siklus I 63,33%, siklus II 83,33%, dan siklus III 96,67%. Ketuntasan hasil belajar kognitif yang diperoleh pada siklus I adalah 80%, siklus II 76,67%, dan siklus III 93,33%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik pada siklus I yaitu 83,33%, siklus II dan III 100%. Indeks kinerja guru juga mengalami peningkatan yaitu 85,00 pada siklus I, 91,25 pada siklus II, dan 95,00 pada siklus III. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran bervisi SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Visi SETS, kemampuan berpikir analitis
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2011 02:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item