PENERAPAN PETA KONSEP SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI PADA POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII


Demi Trisnawati , 4201407031 (2011) PENERAPAN PETA KONSEP SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI PADA POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PETA KONSEP SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI PADA POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENERAPAN PETA KONSEP SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI PADA POKOK BAHASAN TEKANAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII)
Download (244kB) | Preview

Abstract

Trisnawati, Demi. 2011. Penerapan Peta Konsep Sebagai Instrumen Evaluasi Pada Pokok Bahasan Tekanan Untuk Mendeskripsikan Penguasaan Konsep Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Sarwi, M. Si dan Pembimbing Pendamping Dr. Sugianto, M. Si. Kata kunci : peta konsep, instrumen evaluasi, konsep tekanan Pengetahuan yang diperoleh siswa dari kegiatan pembelajaran fisika pada dasarnya berupa konsep-konsep. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, yaitu seberapa besar siswa memahami konsep fisika diperlukan suatu kegiatan evaluasi. Observasi awal yang dilakukan di SMP N 3 Patebon, Kendal menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang digunakan untuk menilai tingkat pemahaman siswa hanya berupa tes uraian dan tes pilihan ganda. Sehingga, siswa belum dapat diukur seberapa jelas pemahaman mereka mengenai konsep-konsep yang ada pada mata pelajaran fisika terutama pokok bahasan tekanan, sehingga diperlukan suatu instrumen evaluasi yang mampu mendeskripsikan hasil belajar siswa sekaligus dapat menilai tingkat pemahaman konsep siswa. Salah satu alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan konsep-konsep siswa adalah peta konsep. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa melalui penerapan instrumen evaluasi peta konsep, dan menguji keefektifan instrumen evaluasi peta konsep terhadap KKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Study. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tahap: persiapan, uji coba tes, pelaksanaan dan analisis hasil penelitian. Data yang diambil adalah: (a) aktivitas siswa, (b) skor evaluasi harian siswa, dan (c) tanggapan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (a) lembar observasi, (b) tes, dan (c) lembar angket tanggapan siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai evaluasi akhir siswa 68,97 % siswa mencapai KKM dan 31,03 % lainnya belum tuntas KKM. Uji efektivitas menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5%, harga thitung= 2,19 sedangkan harga ttabel= 2,05. Hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran secara klasikal sebesar 31,79 % siswa sangat aktif dan sebesar 86,21 % siswa aktif. Hasil analisis regresi sederhana pengaruh aktivitas terhadap penguasaan konsep siswa yaitu, persamaan Regresi : Y = a + bX, koefisien regresi 1,967 variabel X mempunyai angka signifikan di bawah 0,05, oleh karena itu variable X mempengaruhi Y. Angket tanggapan siswa 58,62% baik terhadap penelitian ini. Kesimpulan penelitian yakni, instrumen evaluasi peta konsep efektif digunakan sebagai instrumen evaluasi karena pada uji efektivitas harga thitung>ttabel sehingga berada dalam daerah penerimaan Ha, dalam uji regresi linier sederhana dapat disimpulkan bahwa aktivitas berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan tekanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peta konsep, instrumen evaluasi, konsep tekanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:35
Last Modified: 14 Nov 2011 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7492

Actions (login required)

View Item View Item