Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus


Desy Kumala Dewi, 2101407004 (2011) Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus]
Preview
PDF (Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus) - Published Version
Download (101kB) | Preview

Abstract

Dewi, Desy Kumala. 2011. Peningkatan Ketarampilan Menulis Pengalaman Pribadi dengan Metode Peta Konsep Rantai Kejadian melalui Media Benda Kenangan pada Siswa Kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M.Hum, Pembimbing II: Imam Baehaqie, S.Pd., M.Hum. Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, peta konsep rantai kejadian, media benda kenangan Keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIIC SMP N 1 Mejobo Kudus masih rendah karena nilai rata-rata siswa hanya sebesar 64,25. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, yaitu siswa masih kesulitan menentukan ide dan mengorganisasikannya dengan baik. Selain itu, belum digunakannya metode dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha mencari solusi terhadap masalah tersebut melalui penerapan metode peta konsep rantai kejadian dan media benda kenangan untuk meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VIIC SMP N 1 Mejobo Kudus. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan dan (2) bagaimana perubahan tingkah laku siswa setelah dilakukan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode peta konsep rantai kejadian melalui media benda kenangan pada siswa kelas VIIC SMP N 1 Mejobo Kudus. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsi peningkatan dan (2) mendeskripsi perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode peta konsep rantai kejadian melalui media benda kenangan pada siswa kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus. Manfaat dari penelitian ini, yaitu memberikan sumbangan pemikiran teori mengenai metode dan media pembelajaran serta dapat dijadikan suatu alternatif dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VIIC SMPN 1 Mejobo Kudus yang terdiri atas 36 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai mencapai 70. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes berupa tes keterampilan menulis pengalaman pribadi, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, dan jurnal. Analisis data meliputi data kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis pengalaman pribadi, peta konsep rantai kejadian, media benda kenangan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:35
Last Modified: 14 Nov 2011 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7489

Actions (login required)

View Item View Item