MODEL PEMBELAJARAN KID’S ATLETIK FORMULA 1 DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MAJALANGU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG


TOHIR , 6102909076 (2011) MODEL PEMBELAJARAN KID’S ATLETIK FORMULA 1 DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MAJALANGU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN KID’S ATLETIK FORMULA 1 DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MAJALANGU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN KID’S ATLETIK FORMULA 1 DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 MAJALANGU KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG)
Download (17MB) | Preview

Abstract

Tohir. 2011. “Model Pembelajaran Kid’s Atletik Formula 1 Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang” Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. Cahyo Yuwono, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dra. Anirotul Qori'ah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah model pembelajaran kid’s atletik formula 1 dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perkebunan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kid’s atletik formula 1 dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perkebunan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran kid’s atletik formula 1 melalui pendekatan lingkungan perkebunan. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di perkebunan. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 anak. Ujicoba dilaksanakan di perkebunan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes kecepatan berlari anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan berlari dalam kid’s atletik formula 1 di lingkungan perkebunan, siswa putra kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang untuk kategori “Baik Sekali” ada 13 anak atau sejumlah 68,42%, dan untuk kategori “Baik” ada 6 anak atau sejumlah 31,58% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 19 anak. Untuk siswa putri kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang untuk kategori “Baik Sekali” ada 11 anak atau sejumlah 52,38%, dan untuk kategori “Baik” ada 10 anak atau sejumlah 47,62% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 21 anak. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa “Kecepatan berlari anak dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kid’s atletik nomor formula 1 di lingkungan perkebunan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Saran dalam penelitian ini bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
S Agriculture > S Agriculture (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:03
Last Modified: 25 Apr 2015 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7485

Actions (login required)

View Item View Item