Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pendekatan STAD melalui Smart Card di SMP N 1 Demak


Fera Fernanda, 4401405035 (2010) Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pendekatan STAD melalui Smart Card di SMP N 1 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pendekatan STAD melalui Smart Card di SMP N 1 Demak]
Preview
PDF (Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Pendekatan STAD melalui Smart Card di SMP N 1 Demak) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru mempunyai kesempatan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan desain pembelajaran. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student oriented), siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMP N 1 Demak, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional berupa ceramah. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi biologi belum maksimal. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan STAD (Student Team Achievement Divisions) melalui Smart Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaksimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup dengan pendekatan STAD melalui Smart Card di SMP N 1 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan jenis one shoot case study. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest design only dengan dua kelas yang diberi perlakuan yang sama. Pada dua kelas perlakuan tersebut diterapkan pendekatan STAD melalui Smart Card. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2009/2010, dengan sampel penelitian yaitu dua kelas perlakuan yang dipilih secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan. Jumlah siswa yang memperoleh hasil belajar dengan nilai ≥67 lebih dari 85%. Dari penelitian ini diperoleh persentase ketuntasan siswa kelas VIIB mencapai 91,30%, sedangkan persentase ketuntasan siswa kelas VIID mencapai 93,33%. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa pada kelas VII B dan VII D, aktivitas siswa yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baik mencapai lebih dari 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan STAD melalui Smart Card terbukti mampu memaksimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP N 1 Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi Makhluk Hidup, Pendekatan STAD, Smart Card, Pembelajaran Biologi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item