Perancangan Poster Iklan Produk Telefon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita
Rizki Apriliani, 2451306018 (2011) Perancangan Poster Iklan Produk Telefon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.
Preview |
PDF (Perancangan Poster Iklan Produk Telefon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita)
- Published Version
Download (142kB) | Preview |
Abstract
Rizki Apriliani. 2011. Perancangan Poster Iklan Produk Telefon Seluler dengan Elemen Visual Utama Gestur Wanita. Tugas Akhir. Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Poster, Iklan, Gestur, Ponsel, Seluler. Tugas pokok periklanan adalah mengkomunikasikan informasi seefisien mungkin kepada orang – orang yang beratus ribuan jumlahnya agar meningkaykan penjualan. Dengan kata lain iklan berfungsi ekonomis dan komunikatif. Di sisi lain, wanita sering dijadikan inspirasi karya seni manusia dikarenakan mereka dianugerahi cirri khas sangat menarik yang selalu diidentikan dengan keindahan. Oleh sebab itu pantaslah wanita sering dijadikan sebagai unsur utama iklan karena mampu menjaga perhatian dalam jangka waktu yang lebih panjang dapat meningkatkan recall jika cocok dengan katagori produk dan eksekutif kreatif periklanan, dan mampu membangkitkan respon emosional. Dalam komteks suatu produk telefon seluler, Peran gerak tubuh (gestur) model wanita sangat erat karena model harus bisa menjadi objek yang bisa member informasi dengan gerak tubuhnya. Karenanya, penulis mencoba menggagas sebuah desain iklan produk telefon seluler dengan mengetengahkan gesture wanita sebagai tema yang menjiwai iklan produk tersebut yang berupa poster. Pematangan konsep dilakukan membahas secara rinci tentang unsur-unsur dan prinsip desain, teori komunikasi, teori periklanan dan aspek penjelasan gesture wanita sebagai topik utama. Kesemua pembahasan rinci tersebut nantinya penulis terapkan sebagai koridor baku dalam melakukan rancangan iklan poster dengan tema gesture wanita. Pembahasan secara teknis dapat penulis jabarkan mengenai proses pembuatan dari awal yaitu menentukan tujuan, target audiens, penentuan media dan teknik berkarya hingga placement produk dan perkiraan biaya dalam pemasangan iklan yang telah dirancang. Dari semua rangkaian proses perancangan yang dilakukan, penulis menyelesaikan 12 karya poster dengan nuansa yang berbeda-beda bergantung maksud dan tujuan masing-masing placement produk. Sebagian bernuansa girly atau feminin dengan gestur ceria dan dinamis, classy atau elegan dengan penekanan gestur yang cukup minimalis dan kesan seksi atau sensual dengan penekanan gestur-gestur yang lebih lentur.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Poster, Iklan, Gestur, Ponsel, Seluler |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7465 |
Actions (login required)
View Item |