PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK ” SIGESIT ” MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG 01 KECAMATAN BRINGIN


SUYOTO , 6102909009 (2011) PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK ” SIGESIT ” MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG 01 KECAMATAN BRINGIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK ” SIGESIT ” MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG 01 KECAMATAN BRINGIN]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KELINCAHAN GERAK ” SIGESIT ” MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERKEBUNAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG 01 KECAMATAN BRINGIN)
Download (172kB) | Preview

Abstract

SARI Suyoto, 2011. Pembelajaran Kelincahan Gerak “Sigesit” Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Tanjung 01 Kecamatan Bringin. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : (1) Drs. Prapto Nugroho, M.Kes. (2) Drs. Harry Pramono, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran kelicahan gerak bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) pembuatan bentuk produk awal berupa permainan sigesit melibatkan 3 peserta didik, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba produk awal, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba produk awal. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan skala kecil melibatkan 8 siswa, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan skala kecil, (7) uji coba lapangan skala besar melibatkan 37 siswa. Hasil akhir metode pembelajaran kelincahan gerak melalui model permainan sigesit bagi siswa SD Negeri Tanjung 01 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (8 siswa SD Negeri Tanjung 01), dan uji lapangan (37 siswa SD Negeri Tanjung 01). Data berupa hasil penilaian mengenai kulitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 81,33 % (Baik), ahli pembelajaran 84 % (Baik), ahli pembelajaran II 86,67 % (Baik), uji coba kelompok kecil 92,92 % (sangat baik), dan uji lapangan 91,89 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan sigesit ini dapat digunakan bagi siswa SD Negeri Tanjung 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Berdasarkan penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk metode pembelajaran kelincahan gerak melalui permainan sigesit ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:38
Last Modified: 14 Nov 2011 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7452

Actions (login required)

View Item View Item