KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN THE GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI WINONG PADA MATERI SEGITIGA


Nur Laila Qodriyah, 4101407014 (2011) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN THE GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI WINONG PADA MATERI SEGITIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN THE GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI WINONG PADA MATERI SEGITIGA] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN THE GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI WINONG PADA MATERI SEGITIGA)
Download (677kB)

Abstract

Qodriyah, Nur Laila. 2011. Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan The Geometer’s Sketchpad terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Winong pada Materi Segitiga. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Mashuri, M.Si, Pembimbing II Ardhi Prabowo, S. Pd, M. Pd. Kata kunci: model pembelajaran STAD, The Geometer’s Sketchpad, kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan matematika peserta didik perlu dikembangkan karena dapat menjadikan peserta didik memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mempelajari matematika adalah kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan tersebut dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur pengerjaan matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan The Geometer’s Sketchpad terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VII MTs Negeri Winong pada materi segitiga tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII MTs N Winong tahun ajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih secara acak kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran STAD berbantuan The Geometer’s Sketchpad, kelas VII F sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori dan kelas VII H sebagai kelas uji coba. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, uji rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan uji kesamaan dua rata-rata untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran STAD, The Geometer’s Sketchpad, kemampuan pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:39
Last Modified: 14 Nov 2011 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item