PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS VIII B SMP N 4 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009


Doni Hartini , 3101404027 (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS VIII B SMP N 4 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS VIII B SMP N 4 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS VIII B SMP N 4 KALIWIRO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (762kB) | Preview

Abstract

Saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran sejarah adalah mata pelajaran yang membosankan. Kebanyakan siswa juga enggan bertanya kepada guru mengenai materi yang belum mereka pahami, sehingga hal ini membuat hasil belajar sejarah mereka kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar sejarah dan keaktifan siswa saat pembelajaran sejarah. Pembalajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan turnamen akademik di dalam proses pembelajarannya, siswa berkompetisi sebagai wakil dari timnya melawan anggota tim yang lain sehingga mencapai hasil atau prestasi yang diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah Prestasi belajar siswa kelas VIII B di SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) apakah keaktifan siswa kelas VIII B di SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2008/2009 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT?. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII B di SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2008/2009 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) menjelaskan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII B di SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2008/2009 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pertimbangan kesesuaian materi dengan waktu yang diperlukan. Tahap tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sejarah pada siklus I adalah 64,2 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 71,72. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 45% dan pada siklus II menjadi 85%. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar sejarah dan keaktifan siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dengan demikian, penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus III. Berdasarkan pengalaman selama melaksanakan penelitian tindakan kelas di kelas VIII B SMP N 4 Kaliwiro, Kabupaten Wonosobomaka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas yang sama dengan kondisi kelas saat penelitian ini berlangsung, (2) perlu diupayakan sistem kontrol yang baik oleh guru saat pembelajaran dan diskusi, sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu untuk memahami materi. (3) pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar sejarah dan keaktifan siswa bila diikuti dengan pengelolaan kelas yang baik oleh guru dan dengan perencanaan pembelajaran yang matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 02:21
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item