PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA N 1 KARANGTENGAH DEMAK


Dwi Ari Santi , 4301407041 (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA N 1 KARANGTENGAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA N 1 KARANGTENGAH DEMAK]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN PENDEKATAN SCL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA N 1 KARANGTENGAH DEMAK) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Santi, Dwi Ari. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Dengan Pendekatan SCL Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Di SMA N 1 Karangtengah Demak. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Titi Wahyukaeni, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Wisnu Sunarto, M. Si. Kata Kunci: Model pembelajaran CIRC, pendekatan SCL, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan pendekatn SCL terhadap hasil belajar kimia siswa XI IPA SMA N 1 Karangtengah Demak. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 1 Karangtengah Demak. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan pendekatan SCL dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional. Penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 79,19 dan kelas kontrol 71,92. Hasil belajar post test kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, pada uji t satu pihak kanan dihasilkan thitung (4,92) > ttabel (1,67) yang berarti rerata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 94,44% dan kelompok kontrol sebesar 87,18%. Hasil analisis terhadap pengaruh antar variabel diperoleh besarnya koefisien determinasi (KD) adalah 38,62% yang berarti bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan pendekatan SCL terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA sebesar 38,62%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan pendekatan SCL berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Karangtengah Demak tahun 2010/ 2011.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran CIRC, pendekatan SCL, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7397

Actions (login required)

View Item View Item