PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN LEARNING COMMUNITY MELALUI MEDIA BROSUR PADA SISWA KELAS X MA SUNAN MURIA PATI TAHUN AJARAN 2010/2011
Nailil Hidayah, 2101407022 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN LEARNING COMMUNITY MELALUI MEDIA BROSUR PADA SISWA KELAS X MA SUNAN MURIA PATI TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN LEARNING COMMUNITY MELALUI MEDIA BROSUR PADA SISWA KELAS X MA SUNAN MURIA PATI TAHUN AJARAN 2010/2011)
Download (104kB) | Preview |
Abstract
Hidayah, Nailil. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Learning Community melalui Media Brosur pada Siswa Kelas X MA Sunan Muria Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II: Imam Baehaqie, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: keterampilan menulis paragraf persuasif, pendekatan kontekstual komponen learning community, media brosur. Keterampilan menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X MA Sunan Muria Pati belum mencapai hasil yang maksimal. Pencapaian yang belum maksimal ini karena kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif. Siswa juga kesulitan menemukan ide dan mengungkapkan ide mereka dalam bentuk tulisan. Siswa juga masih kesulitan merangkai kalimat demi kalimat menjadi sebuah paragraf yang utuh. Selain itu, dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah dan penugasan, dan media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Maka untuk megatasi permasalahan tersebut, peneliti memberikan suatu pendekatan dan media agar proses pembelajaran lebih menarik dan siswa mampu menulis paragraf persuasif dengan baik. Pendekatan dan media yang digunakan yaitu pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur. Penelitian ini difokuskan kepada keterampilan menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X MA Sunan Muria Pati. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasif dan bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X MA Sunan Muria setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf persuasif dan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis paragraf persuasif siswa kelas X MA Sunan Muria Pati. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis paragraf persuasif dan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. ii iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal nilai rata-rata siswa yaitu 58,6 atau dalam kategori kurang, setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur, nilai rata-rata kelas siklus I yaitu 68,5 atau dengan kategori cukup, dan terjadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 9,9 atau 16,8%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,2 atau dalam kategori baik, terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 6,7 atau 9,8%. Pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur mampu mengubah perilaku siswa ke arah postif. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf persuasif siswa kelas X MA Sunan Muria dapat meningkat setelah dilakukannya pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan pendekatan kontekstual komponen learning community melalui media brosur dan terjadi perubahan perilaku siswa ke arah positif. Peneliti memberikan saran bagi guru bahasa Indonesia jika menggunakan pendekatan tersebut hendaknya memandu siswa dalam pembentukan kelompok dan memilih brosur yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. iii
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis paragraf persuasif, pendekatan kontekstual komponen learning community, media brosur. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:43 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7382 |
Actions (login required)
View Item |