KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP MATHEMATICS SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP
Lulu’ Arifatun Munasiroh, 4101407037 (2011) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP MATHEMATICS SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP MATHEMATICS SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP)
- Published Version
Download (660kB) |
Abstract
ABSTRAK Munasiroh, Lulu’ Arifatun. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Handout Terhadap Mathematics Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. M. Asikin, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping Iqbal Kharisudin, S.Pd, M.Sc. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Handout, Mathematics Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Mathematics Self Efficacy dan kemampuan pemecahan masalah adalah dua hal penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan model pembelajaran PBL berbantuan handout. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menyelidiki keefektifan model PBL berbantuan handout terhadap mathematics self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah dan (2) menyelidiki pengaruh mathematics self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasinya adalah seluruh peserta didik SMP N 2 Brangsong kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII-D (kelas eksperimen) dengan pembelajaran PBL berbantuan handout dan kelas VII-E (kelas kontrol) dengan pembelajaran ekspositori berbatuan LKPD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, skala bertingkat, tes, dan observasi. Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat mathematics self efficacy pada awal dan akhir penelitian serta tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir penelitian. Analisis data awal menunjukkan bahwa data dari kedua kelas penelitian berdistribusi normal, homogen, dan mempunyai rata-rata yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda, rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata skor mathematics self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 92,82 (MSE) dan 77,92 (tes), sedangkan pada kelas kontrol adalah 87,58 (MSE) dan 70,24 (tes). Rata-rata skor mathematics self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear untuk kelas eksperimen adalah ııı ı22,09 ı 1,08 ı sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh ııı ı29,43 ı 1,14 ı. Uji persaman regresi linear dilakukan dengan uji F dan diperoleh Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, sehingga persamaan regresi linear berarti. Koefisien korelasi kedua kelas masing-masing adalah 0,7178 (eksperimen) dan 0,706 (kontrol), sedangkan koefisien determinasinya adalah 0,515 (eksperimen) dan 0,499 (kontrol). Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan handout efektif terhadap mathematics self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah serta mathematics self efficacy mempunyai hubungan dan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Saran yang diajukan peneliti adalah guru hendaknya menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan handout agar peserta didik dapat belajar dengan lebih mandiri dan memahami pentingnya materi segiempat serta dapat meningkatkan mathematics self efficacy mereka.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Handout, Mathematics Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:45 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7356 |
Actions (login required)
View Item |