PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENNINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG


Dewi Yuni Akhiriyah, 1402407175 (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENNINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENNINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENNINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG)
Download (97kB) | Preview

Abstract

Akhiriyah, Dewi yuni. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Drs. Susilo, M.Pd. dan Dra. Kurniana Bektiningsih, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, kualitas pembelajaran IPS Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas V SDN kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang terdapat permasalahan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan dalam memahami penjelasan dari guru yang kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dan penggunaan media kurang optimal. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan guru kelas V SDN Kalibanteng kidul 01 kota Semarang dalam pembelajaran IPS?. (2) apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPS?. (3) apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. (2) untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang. (3) untuk meningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan menggunkan III siklus. Langkah-langkah dalam rancangan ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan waktu 3 x 35 menit. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 semarang. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I aktivitas guru meningkat mendapat skor dengan rata-rata 2,5 dengan kualifikasi baik, pada siklus II aktivitas guru meningkat dengan skor rata-rata 3,0 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III meningkat dengan skor rata-rata 3,4 dengan kualifikasi sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan Snowball Throwing pada siklus I memperoleh skor ratarata 3,0 dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor rata-rata 3,53 dengan kualifikasi sangat baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh skor rata-rata 3,56 dengan kualifikasi sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal yang mencapai KKM (65) hanya 22 dari 46 siswa, dan setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menunjukan 41 dari 46 siswa yang mencapai KKM (65). Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 67,6 dengan persentase 63% siswa tuntas belajar, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73,5 dengan persentase 73,9% siswa tuntas belajar dan pada siklus III hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 76,5 dengan persentase 84,7% siswa tuntas belajar. Ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III > 80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS. Melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Melalui penerapan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Saran dari penelitian ini adalah: Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, kualitas pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:46
Last Modified: 14 Nov 2011 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item