Keefektifan Kartu Kata dan Gambar pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Kelas X SMA Tunas Patria Ungaran


Ratih Pramestari, 2301406033 (2011) Keefektifan Kartu Kata dan Gambar pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Kelas X SMA Tunas Patria Ungaran. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Keefektifan Kartu Kata dan Gambar pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Kelas X SMA Tunas Patria Ungaran] PDF (Keefektifan Kartu Kata dan Gambar pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Kelas X SMA Tunas Patria Ungaran) - Published Version
Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Pramestari, Ratih. 2011. Keefektifan Kartu Kata dan Gambar pada Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Kelas X SMA Tunas Patria Ungaran. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: 1. Dra. Dwi Astuti, M.Pd., II. Tri Eko Agustiningrum, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: kartu kata, menulis. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang benar-benar menuntut kepekaan dan persiapan yang lebih dibandingkan dengan empat keterampilan berbahasa yang lain. Berdasarkan pengalaman PPL di SMA Tunas Patria Ungaran, siswa kelas X memiliki keterampilan menulis yang cukup rendah. Kekurangberhasilan pembelajaran mungkin dikarenakan, (1) Siswa tidak termotivasi menulis, (2) Teknik mengajar yang digunakan oleh guru masih tradisional, monoton, dan kurang bervariasi, (3) Minimnya waktu. Salah satu usaha yang diduga dapat mengatasi hal tersebut adalah penggunaan kartu kata dan gambar pada pembelajaran menulis kalimat sederhana kelas X SMA Tunas Patria Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya media kartu kata dan gambar pada pembelajaran menulis kalimat sederhana siswa kelas X SMA Tunas Patria Ungaran dan mengetahui kesalahan apa saja yang dibuat pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan metode one shot case study design. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar siswa menggunakan kartu kata dan gambar. Responden dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas X. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Guna menguji reliabilitas tes dalam penelitian ini digunakan rumus Alpha. Untuk menguji hipotesis dibandingkan dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang berlaku di SMA tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan kartu kata dan gambar dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana pada kelas X SMA Tunas Patria Ungaran mempunyai pengaruh positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai responden pada tes. Pada tes rata-rata nilai siswa yaitu 78, dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 68. Berdasarkan pada standar kriteria penilaian di SMA, nilai 78 termasuk dalam kategori baik. Dari perbandingan nilai tes dan nilai KKM SMA Tunas Patria sebesar 60 terlihat peningkatan yang signifikan, sehingga hipotesis ”pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dan gambar efektif dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana” diterima. Secara garis besar, ada dua kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: (1) Grammaire: konjugasi dan penggabungan preposisi dengan article, (2) Vocabulaire: kesalahan menulis vocabulaire yang berfungsi sebagai complément d’objet direct, complément circonstanciel de lieu dan attribut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kartu kata, menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:46
Last Modified: 14 Nov 2011 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7338

Actions (login required)

View Item View Item