Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-Langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011

Inti Ari, 2102407199 (2011) Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-Langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-Langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (109Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ari, Inti. 2011.Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-Langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa Kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Agus Yuwono, M.Si., M.Pd., Pembimbing II Drs. Hardyanto Kata kunci: ranah kognitif, langkah-langkah pembelajaran, RPP. Langkah-langkah pembelajaran merupakan prosedur untuk memperkirakan tindakan apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. Langkahlangkah pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan Inti, dan kegiatan penutup. Penyusunan langkah-langkah pembelajaran perlu mengetahui ranah kemampuan siswa terutama ranah kognitif. Penerapan ranah kognitif dalam langkah-langkah pembelajaran dimulai dari tataran rendah menuju tataran yang lebih tinggi secara bertahap, sehingga diharapkan kemampuan siswa meningkat dan berkembang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana distribusi ranah kognitif dalam langkah-langkah pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2010/2011? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan distribusi ranah kognitif dalam langkah-langkah pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa kelas VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah RPP bahasa Jawa di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung pada kelas VII tahun ajaran 2010/2011. Data penelitian berupa kalimat dalam langkah-langkah pembelajaran pada RPP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pengklasifikasian data. Data penelitian yang telah dianalisis akan dipaparkan dengan menggunakan metode informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu distribusi ranah kognitif pada tingkat pengetahuan (C1) 19,65%, pemahaman (C2) 9,25%, penerapan (C3) 13,87%, analisis (C4) 1,16%, sintesis (C5) 13,87%, evaluasi (C6) 5,78%, dan yang tidak termasuk dalam ranah kognitif sebesar 35,84%. Dari prosentase tersebut, dapat diketahui bahwa semua tingkatan dalam ranah kognitif sudah terdistribusi dalam langkah-langkah pembelajaran. C1 mendominasi kompetensi mendengarkan, C2 mendominasi kompetensi membaca, C3 mendominasi kompetensi berbicara, C5 mendominasi kompetensi menulis, C6 tersebar dalam semua kompetensi, sedangkan C4 hanya terdapat pada kompetensi mendengarkan. Berdasarkan penelitian ini, saran yang bisa diberikan yaitu penelitian ini selain dapat dikaji pada ranah kognitif, masih terbuka kemungkinan untuk meneliti pada ranah yang lainnya yaitu ranah afektif dan psikomotorik yang lebih menekankan pada aspek nilai dan perbuatan (praktik). Hal tersebut dapat dilakukan sebagai upaya peningkatan pembelajaran Bahasa Jawa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: ranah kognitif, langkah-langkah pembelajaran, RPP
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LD Individual institutions (United States)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: syaiful imam fisika
    Date Deposited: 13 Nov 2011 20:47
    Last Modified: 13 Nov 2011 20:47

    Actions (login required)

    View Item