KINERJA GURU SMP SE KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI


Bangkit Panji Anoraga , 1102406028 (2011) KINERJA GURU SMP SE KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KINERJA GURU SMP SE KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI]
Preview
PDF (KINERJA GURU SMP SE KOTA SEMARANG PASCA SERTIFIKASI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

SARI Anoraga, Bangkit Panji. 2011. Kinerja Guru SMP Se kota Semarang Pasca Sertifikasi. Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Haryono, M.Psi, Pembimbing II: Drs. Suripto M.Si Kata Kunci: kinerja guru, pasca sertifikasi, Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru yang bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik? bagaimana perbedaan kinerja guru yang bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa kinerja guru bersertifikat pendidik lebih baik daripada kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik. Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian ekplanatif komparatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP se-kota semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling menghasilkan 40 respoden, yaitu 20 responden adalah guru yang bersertifikat pendidik dan 20 respoden adalah guru yang belum bersertifikat pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket yang mengacu pada instrumen penilaian kinerja guru (IPKG I dan II). Analisis data dalam penelitian terdiri atas uji validitas dan reliabilitas instrumen serta uji beda rata-rata (Uji t) antara guru yang bersertifikat pendidik dengan guru yang belum bersertifikat pendidik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata guru bersertifikat pendidik sebesar 88,5, sedangkan nilai rata-rata guru yang belum bersertifikat pendidik sebesar 66,5. Kemudin sebesr 85% kinerja guru yang bersertifikat masuk kriteria sangat tinggi, sedangkan 75% kinerja guru yang belum bersertifikat masuk pada kriteria cukup. Berarti kinerja guru bersertifikat lebih baik daripada kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik. Kemudian pada uji t diperoleh thitung (13,6) > ttabel (2,02) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang bersertifikat pendidik dengan guru yang belum bersertifikat pendidik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : bahwa terdapat perbedaan kinerja guru bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik, dan kinerja guru yang bersertifikat pendidik lebih baik daripada kinerja guru yang belum bersertifikat pendidik. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan yang pertama agar guru yang bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik agar terus mengembangkan kompetensinya, baik, pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional, yang kedua agar guru bersertifikat pendidik terus memperbaiki kompetensinya, yang ketiga agar dinas pendidikan untuk lebih melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru terutama dalam aspek pedagogik maupun bidang studi, dan yang terakhir adalah peneliti lain diharapkan dapat menindaklanjuti dan mengembangkan hasil penelitian yang telah dicapai, sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan semakin berkembang luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, pasca sertifikasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:47
Last Modified: 25 Apr 2015 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item View Item