UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA QUESTION CARD PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kisni, 3101404043 (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA QUESTION CARD PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA QUESTION CARD PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
Download (118kB) | Preview |
Abstract
Kisni. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Menggunakan Metode Pengajaran Diskusi dengan Media Question Card pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 7 Semarang. Skripsi Jurusan Sejarah FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.Dosen Pembimbing I Arif Purnomo, S.Pd,S.S, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dra. C. Santi Muji Utami, M.Hum. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Metode Pengajaran Diskusi, Media Question Card . Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran sejarah di kelas VII SMP N 7 Semarang, pada umumnya penyampaian pengetahuan masih didominasi dari guru ke siswa yang berakibat pada hasil belajar siswa yang belum bisa mencapai ketuntasan sebesar 75 %. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode pengajaran diskusi dengan media question card pada siswa VII D SMP N 7 Semarang. Dipilihnya kelas VIII D karena kelas ini memiliki tingkat pemahaman yang rendah, diperkuat dengan rata-rata hasil belajarnya paling rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu 65,1 dengan ketuntasan klasikal 64,7%. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai < 65 yaitu 32,3% dan dapat dikatakan bahwa target ketuntasan belajar secara klasikal 85% jumlah siswa dalam satu kelas memperoleh nilai � 65 belum tercapai. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, baik dari segi tingkat hasil belajar siswa, maupun tingkat keaktifan siswa,kegiatan guru dan kondisi situasi kelas yang diukur melalui lembar observasi. Data tentang hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 73,5%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 88,2%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75% dari seluruh jumlah siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan secara klasikal sekurang-kurangnya 85% siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan nilai minimal 65. Peningkatan hasil evaluasi siswa dari siklus I sampai siklus II disebabkan banyak siswa termotivasi dan aktif dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Diskusi dengan media Question Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 7 Semarang. Oleh karena itu, maka disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran IPS Sejarah agar guru dapat lebih aktif dan kreatif menggunakan metode pembelajaran dan memanfaatkan media sebagai bahan acuan pembelajaran, disamping itu penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan daya kritis dan kraetifitas siswa mengungkapkan pendapat di saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Metode Pengajaran Diskusi, Media Question Card |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:48 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7318 |
Actions (login required)
View Item |