Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Menggunakan Media Question Card Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 2 Wonogiri.

Bekti Aprilia, 3101405063 (2009) Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Menggunakan Media Question Card Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 2 Wonogiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Menggunakan Media Question Card Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 2 Wonogiri.) - Published Version
Download (2146Kb)

    Abstract

    Proses belajar mengajar sangat menentukan dalam pencapaian keberhasilan tujuan pendidikan. Keberhasilan dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengikuit pelajaran yang pada akhirnya akan terwujud dalam bentuk prestasi belajar yang diperoleh siswa. Tidak semua proses belajar menunjukkan prestasi belajar yang baik. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 2 Wonogiri kelas XI IS pada tanggal 27 Februari 2009 diperoleh data prestasi belajar siswa pada ulangan harian 1 semester 2. Kelas XI IS1 ketuntasan klasikalnya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan di sekolah, ketuntasan klasikal hanya mencapai 58,54%. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran diskusi kelompok menggunakan media question card untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas XI IS1 yang terdiri dari 41 siswa. Sumber data hasil belajar siswa adalah diambil melalui tes tertulis. Data tentang aktivitas siswa dan kinerja guru diambil dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data berupa nilai hasil belajar siswa, meliputi penentuan rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu, ketuntasan belajar klasikal, nilai aktivitas siswa, presentase hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, prestasi belajar, kinerja guru. Pada setiap siklusnya didapati peningkatan keaktivan siswa. Hasil belajar siswa melalui tes tertulis pada siklus 1 diketahui ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68,29% dengan rata-rata kelas 68,17, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 90,24% dengan rata-rata kelas 77,31. Kinerja guru pada siklus 1 sebesar 72,2 meningkat menjadi 83,33 pada siklus 2. Simpulan dari hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran diskusi kelompok menggunakan media question card dapat meningkatkan preastasi belajar siswa kelas XI IS1 sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu, minimal 85% siswa mencapai tujuan pembelajaran minimal 65. Peningkatan yang terjadi secara bertahap pada tiap siklusnya.. Mendasarkan pada hasil penelitian yang telah diperoleh, disarankan bahwa pengajaran dengan diskusi kelompok menggunakan media question card dapat menjadi alternatif pengajaran bagi guru dan guru seyogyanya menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga siswa merasa nyaman dan menjadi termotivasi untuk belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, diskusi kelompok, media question card.
    Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 20 Mar 2011 21:23
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:52

    Actions (login required)

    View Item