PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DUKUHTENGAH KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011


Rizky Hardiati Shabrina, 2101407171 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KOMPUTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DUKUHTENGAH KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI) - Published Version
Download (114kB) | Preview

Abstract

Shabrina, Rizky Hardiati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Metode Sugesti Imajinasi dengan Media Gambar Berbasis Komputer pada Siswa Kelas IV SD N 01 Dukuhtengah Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran, M. Hum. Pembimbing II: Drs. Suparyanto. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, metode sugesti imajinasi, media gambar berbasis komputer. Kegiatan menulis merupakan suatu proses berpikir yang dituangkan dalam bentuk tertulis. Pembelajaran menulis karangan deskripsi salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa sekolah dasar terutama pada kelas IV. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah masih rendah hanya 19,4% yang mencapai ketuntasan. Oleh karena itu, perlu adanya metode dan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah setelah pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode sugesti imajinasi dengan media gambar berbasis komputer, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah setelah pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode sugesti imajiasi dengan media gambar berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode sugesti imajinasi dengan media gambar berbasis komputer, dan (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode sugesti imajinasi dengan media gambar berbasis komputer. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah. Variabel penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dan penggunaan metode sugesti imajinasi dengan media gambar berbasis komputer. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal atau prasiklus masuk kategori cukup, yaitu menunjukkan skor rata-rata klasikal 62,67. Pada siklus I Mengalami peningkatan 3,97% menjadi 65,16. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan 13,7% menjadi 74,09. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi juga diikuti oleh perubahan tingkah laku ke arah yang lebih positif. Tingkah laku siswa pada pembelajaran di siklus II lebih positif daripada siklus I. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian tersebut adalah keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Dukuhtengah mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran melalui metode sugesti imajinasi dengan media gambar berbasis komputer dan tingkah laku siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Saran yang dapat diberikan peneliti antara lain (1) guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan metode, media, dan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, di antarannya dengan menggunakan metode sugesti imajinasi dan media gambar berbasis komputer, (2) praktisi atau peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif metode dan media pembelajaran keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi, metode sugesti imajinasi, media gambar berbasis komputer.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:49
Last Modified: 14 Nov 2011 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item View Item