PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH 2010/2011


Wahyu Triyas Sari, 7101407053 (2011) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH 2010/2011]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA POKOK BAHASAN LAPORAN KEUANGAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH 2010/2011) - Published Version
Download (251kB) | Preview

Abstract

Sari, Wahyu Triyas. 2011. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Blog Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Pokok Bahasan Laporan Keuangan Siswa Kelas XI SMA N 1 Subah 2010/2011”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Agung Yulianto, S.Pd., M.Si. II. Trisni Suryarini, S.E., M.Si., Akt. Kata kunci: Prestasi Belajar, Media Pembelajaran, E-learning, Blog, Laporan Keuangan. Prestasi belajar merupakan hasil dari usaha belajar yang dilakukan oleh siswa yang dibuktikan dan ditunjukan melalui nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Sistem pembelajaran e-learning yang menggunakan media pembelajaran berbasis blog dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran blog dan kelas kontrol dengan menggunakan media hasil teknologi cetak (manual) SMA Negeri 1 Subah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media blog dan kelas kontrol dengan media hasil teknologi cetak (manual) SMA Negeri 1 Subah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Subah tahun pelajaran 2010/2011. Setelah diadakan uji normalitas dan homogenitas, populasi berdistribusi normal dan bersifat homogen, dengan menggunakan teknik saple random sampling diperoleh dua sampel yaitu kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan media pembelajaran berbasis blog dan XI IPS4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan media pembelajaran hasil teknologi cetak (manual). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil uji banding independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) pada equal variances assumed untuk hasil belajar nilai post-test adalah 0,000, karena probabilitas signifikansi < 0.05 maka ada perbedaan prestasi belajar akuntansi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat. Kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis blog setelah pembelajaran meningkat 40,8 % yaitu dari nilai rata-rata 61,45 menjadi 86,45, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan media hasil teknologi cetak (menual) setelah pembelajaran meningkat 21,7 % yaitu dari 62,89 menjadi 76,54. Kelas eksperimen lebih tinggi peningkatanya dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis blog lebih efektif daripada media pembelajaran hasil teknologi cetak (media manual) dalam pembelajaran akuntansi pokok bahasan laporan keuangan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis blog dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Media Pembelajaran, E-learning, Blog, Laporan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:50
Last Modified: 14 Nov 2011 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7275

Actions (login required)

View Item View Item