Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Practice Rehearsal Pairs dalam Forum Resmi pada Siswa Kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara


Naila Fauziyah Rahmah, 2101407093 (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Practice Rehearsal Pairs dalam Forum Resmi pada Siswa Kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Practice Rehearsal Pairs dalam Forum Resmi pada Siswa Kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Practice Rehearsal Pairs dalam Forum Resmi pada Siswa Kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara) - Published Version
Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmah, Naila Fauziyah. 2011. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Model Practice Rehearsal Pairs dalam Forum Resmi pada Siswa Kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Tommi Yuniawan, S.Pd., M.Hum. dan pembimbing II: Rahayu Pristiwati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: keterampilan berbicara forum resmi, model practice rehearsal pairs. Berdasarkan hasil observasi siswa kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara dan wawancara guru Bahasa dan Sastra Indonesia diketahui bahwa penguasaan keterampilan berbicara dalam forum resmi siswa masih rendah, ditunjukkan dengan rendahnya pencapaian indikator pembelajaran. Kelemahan siswa meliputi penggunaan intonasi kurang tepat, kurang lancar berbicara, penggunaan kalimat efektif dan pemilihan diksi kurang tepat, serta kurangnya keberanian dan rasa percaya diri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model practice rehearsal pairs agar pembelajaran lebih maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) berapa besaran koefisien peningkatan keterampilan berbicara dalam forum resmi siswa kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara pada saat mengikuti pembelajaran berbicara dengan model practice rehearsal pairs dalam forum resmi, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara pada saat mengikuti pembelajaran berbicara dengan model practice rehearsal pairs dalam forum resmi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi besaran koefisien peningkatan keterampilan berbicara dalam forum resmi siswa dan memaparkan perubahan perilaku siswa kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara pada saat mengikuti pembelajaran berbicara dalam forum resmi dengan model practice rehearsal pairs. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian keterampilan berbicara dalam forum resmi, dan objek penelitian kelas X1 MA Al Ma’arif Jepara. Terdapat dua variabel yaitu keterampilan berbicara dalam forum resmi dan model practice rehearsal pairs. Pengumpulan data melalui teknik tes dan nontes menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai siswa prasiklus yaitu 59,4 dengan kategori kurang. Setelah mengikuti pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs, rerata nilai kelas meningkat sebesar 13,5% menjadi 67,4 dengan kategori cukup pada siklus I, dan sebesar 19,3% menjadi 80,4 atau dalam kategori baik pada siklus II. Perilaku siswa juga berubah ke arah positif saat mengikuti pembelajaran berbicara dengan model practice rehearsal pairs dalam forum resmi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dikemukakan saran bahwa model practice rehearsal pairs baik untuk diterapkan dalam pembelajaran, siswa diharapkan banyak berlatih berbicara dalam forum resmi dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan nonkebahasaan, dan hendaknya dilakukan penelitian dengan menambahkan aspek percaya diri pada penilaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara forum resmi, model practice rehearsal pairs
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:50
Last Modified: 14 Nov 2011 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item