PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR EKONOMI DI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


ADHITYA SETIAWAN , 3301404099 (2009) PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR EKONOMI DI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR EKONOMI DI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR EKONOMI DI PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (725kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri Semarang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 69,3 sedangkan tingkat standar ketuntasan belajar di SMA Negeri 6 Semarang sebesar 7,00. Hal ini diprediksi karena rendahnya minat membaca siswa dan pemanfaatan sumber belajar di perpustakaan. Penelitian ini dilakukan pengujian secara empiris pengaruh minat membaca dan pemanfaatan sumber belajar ekonomi di perpustakaaan terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang diungkap : 1) Bagaimana minat membaca siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang. 2) Bagaimana pemanfaatan sumber belajar ekonomi di perpustakaan oleh siswa kelas XI IPS Siswa SMA Negeri 6 Semarang . 3) Adakah pengaruh minat membaca dan pemanfaatan sumber belajar ekonomi di perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS Siswa SMA Negeri 6 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang yang berjumlah 168 siswa. Sampel yang diambil 64 siswa secara random sumpling, dan variable yang diteliti meliputi minat membaca dan pemanfaatan sumber belajar ekonomi di perpustakaan sebagai variable bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikatnya. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat membaca siswa tergolong tinggi sebesar 70,31%, Sedangkan pemanfaatan sumber belajar ekonomi di perpustakaan tergolong tinggi yaitu sebesar 59,38%. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa minat membaca dan pemanfaatan sumber belajar ekonomi berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi, ini berarti ada pengaruh minat membaca dan pemanfaatan sumber belajar ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Semarang. Terbukti dari uji parsial untuk variabel minat membaca dengan t hitung sebesar 2,901 dengan probabilitas sebasar = 0,005 < level of signifikan (0,05) dan variable sumber belajar ekonomi dengan t hitung sebesar 3,218 dengan probabilitas sebesar = 0,02 < level of signifikan (0,05). Uji F secara simultan dengan F hitung sebesar 18,036 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara variabel (X1) minat membaca dan variabel sumber belajar ekonomi (X2) dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan perlu adanya penambahan buku-buku mata pelajaran ekonomi, sehingga minat membaca siswa akan semakin meningkat dan hasil belajar ekonomi akan semakin meningkat pula. Pemberian motivasi membaca yang tinggi kepada siswa yang minat membacanya masih dalam kategori rendah sehingga hasil belajar akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Pemanfaatan Sumber Belajar Ekonomi Di Perpustakaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 01:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item