PEMAHAMAN GURU PENGAMPU MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI


Sukarti , 4201404023 (2009) PEMAHAMAN GURU PENGAMPU MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMAHAMAN GURU PENGAMPU MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI]
Preview
PDF (PEMAHAMAN GURU PENGAMPU MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI) - Published Version
Download (583kB) | Preview

Abstract

Pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran adalah sangat penting. Tujuannya adalah agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. RPP yang dibuat oleh Tim MGMP kabupaten Pati yang sebagai model penyusunan pun menerapkan strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang membawa siswa untuk aktif dalam pembelajaran adalah strategi pembelajaran inkuiri. Hal inilah yang menjadikan peneliti ingin meneliti bagaimanakah pemahaman guru pengampu mata pelajaran IPA (Fisika) SMP mengenai strategi pembelajaran inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMPN sekabupaten Pati, ada 50 SMPN, dan 10 SMPN sebagai sampel. Objek dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran IPA (Fisika) di SMPN yang terpilih sebagai sampel. Instrument yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dokumentasi ini digunakan untuk memperoleh data guru dan SMP sekabupaten Pati. Angket disebar dan diisi oleh guru pengampu IPA (Fisika). Angket yang terkumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Peneliti juga menganalisis RPP dari masing-masing sekolah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata guru pengampu mata pelajaran IPA (Fisika) SMP sekabupaten Pati telah paham tentang strategi pembelajaran inkuiri. Prosentase skor pemahaman guru adalah 83,38%. Hasil analisis data RPP menunjukkan bahwa guru telah cukup paham, dengan prosentase 56,4%, sedangkan berdasarkan analisis data angket, guru telah paham untuk melakukan perencanaan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase skor pemahaman guru adalah sebesar 83,23%. Prosentase skor untuk memahami proses pelaksanaan pembelajaran adalah sebesar 85,12%, yang menunjukkan bahwa guru telah sangat paham, sedangkan dalam evaluasi pembelajaran, guru telah paham, dengan prosentase skor pemahaman guru sebesar 76,08%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran inkuiri (terarah)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2011 00:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item