PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN BERHITUNG, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG


David Arif Wijaya, 3301404537 (2011) PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN BERHITUNG, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN BERHITUNG, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN BERHITUNG, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERSTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

David Arif Wijaya. 2011. Pengaruh Antara Kemampuan Verbal dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Kemampuan, Verbal, Matematika, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar. Latar belakang masalah dalam penilitian ini adalah adanya nilai mata pelajaran akuntansi siswa XI IPS SMA Negeri 7 Semarang yang di bawah nilai KKM sebesar 65 dengan pesentase 30% siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan verbal terhadap hasil belajar akuntansi siswa (2) pengaruh antara kemampuan berhitung terhadap hasil belajar akuntansi siwa (3) pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa dan (4) pengaruh antara kemampuan verbal, kemampuan berhitung, dan motivasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa XI IPS SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011 secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011, yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 192 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 82 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket, yaitu tes kemampuan verbal, kemampuan berhitung dan motivasi untuk hasil belajar akuntansi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011 yaitu 4,2%, (2) terdapat pengaruh kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011yaitu 61,1%., (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011yaitu sebesar 23,5%, (4) pengaruh kemampuan verbal, kemampuan berhitung dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 7 Semarang 2010/2011 yaitu sebesar 65%. Simpulan dalam penilitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan berhitung dan motivasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa XI IPS SMA Negeri 7 Semarang secara parsial dan simultan. Saran dalam penelitian ini adalah sehubungan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan berhitung dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa, maka guru atau sekolah hendaknya memberikan kesempatan pada siswa untuk, meningkatkan kemampuan verbalnya, kemampuan berhitungnya, dan motivasi berprestasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Verbal, Matematika, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:55
Last Modified: 25 Apr 2015 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item View Item