PENGGUNAAN PANEL PERAGA DAN WIRING DIAGRAM SISTEM PENERANGAN MOBIL TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA TEKNIK OTOMOTIF


Tio Arisno, 5201407039 (2011) PENGGUNAAN PANEL PERAGA DAN WIRING DIAGRAM SISTEM PENERANGAN MOBIL TERHADAP HASIL BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA TEKNIK OTOMOTIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN PANEL PERAGA ]
Preview
PDF (PENGGUNAAN PANEL PERAGA ) - Published Version
Download (132kB) | Preview

Abstract

Tio Arisno, 2011. “Penggunaan Panel Peraga dan Wiring Diagram Sistem Penerangan Mobil Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif Siswa Teknik Otomotif” Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Drs. Ramelan, MT, dan Drs. Supraptono, M.Pd. Permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelistrikan otomotif pada siswa tingkat XI SMK Nusantara 1 Comal tahun ajaran 2010/ 2011 yang pembelajarannya menggunakan panel peraga dan wiring diagram sistem penerangan luar mobil, penelitian ini dibatasi hanya pada penguasaan kompetensi memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain panel peraga dan wiring diagram dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan panel peraga dan wiring diagram sistem penerangan luar mobil. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pretests - posttest control group design, yaitu adanya pre test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar kelistrikan otomotif sebelum dan setelah menggunakan panel peraga dan wiring diagram. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum menggunakan panel peraga dan wiring diagram (pre test) sebesar 40,28 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen setelah menggunakan panel peraga dan wiring diagram (post test) sebesar 75,14. Sehingga penggunaan panel peraga dan wiring diagram telah berjalan dengan baik karena kualitas belajar siswa mengalami peningkatan 34.86 dari sebelum menggunakan panel peraga dan wiring diagram dan persentase hasil belajar kelompok eksperimen lebih meningkat 15 % dari pada kelompok kontrol. Kata kunci : panel peraga, wiring diagram.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panel peraga, wiring diagram
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:55
Last Modified: 14 Nov 2011 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item