PROFIL GAYA BELAJAR (LEARNING STYLE) DAN IPK MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES skripsi


Fista Nihayah, 4401407102 (2011) PROFIL GAYA BELAJAR (LEARNING STYLE) DAN IPK MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES skripsi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PROFIL GAYA BELAJAR (LEARNING STYLE) DAN IPK MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES skripsi]
Preview
PDF (PROFIL GAYA BELAJAR (LEARNING STYLE) DAN IPK MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES skripsi)
Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nihayah, Fista. 2011. Profil Gaya Belajar (Learning Style) dan IPK Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dra. Retno Sri Iswari, SU dan Drs. Nugroho Edi K., M. Si Gaya belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar, akan tetapi sampai saat ini faktor gaya belajar sering terlupakan dalam proses pembelajaran. Tidak hanya oleh guru/dosen yang mengajar tetapi juga oleh individu yang belajar. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan 40 mahasiswa jurusan biologi yang menunjukkan bahwa sebagian besar (80%) belum sepenuhnya menyadari akan pentingnya memahami gaya belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, tingkat keseriusan mahasiswa dalam melaksanakan gaya belajarnya, ada tidaknya perbedaan hasil belajar (IPK) di antara tiga macam gaya belajar mahasiswa Biologi yang ada, dan korelasi antara tingkat keseriusan dengan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasional, sampel ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan sebanyak dua kali (kuesioner gaya belajar kemudian kuesioner tingkat keseriusan melaksanakan gaya belajar), wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif menurut Arikunto (2006), uji korelasi, dan untuk menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajar (IPK) di antara tiga macam gaya belajar yang ada digunakan uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga macam gaya belajar pada mahasiswa prodi pendidikan Biologi angkatan 2008 dengan jumlah berturutturut dari yang terbanyak adalah gaya belajar auditori (44 mahasiswa), visual (29 mahasiswa), dan kinestetik (17 mahasiswa). Tingkat keseriusan melaksanakan gaya belajarnya sebagian besar mahasiswa tergolong dalam kategori serius. Hasil analisis ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada masing-masing kelompok gaya belajar dengan uji Kruskal-Wallis (nilai signifikansi 0,061). Hasil uji korelasi tingkat keseriusan melaksanakan gaya belajar dengan hasil belajar diperoleh korelasi yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat tiga macam gaya belajar pada mahasiswa prodi pendidikan Biologi (visual, auditori, dan kinestetik) yang semuanya dalam melaksanakan gaya belajarnya tergolong dalam kategori serius. Tidak ada perbedaan hasil belajar (IPK) yang signifikan di antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik serta ada korelasi positif antara tingkat keseriusan gaya belajar dengan hasil belajar. Kata Kunci : profil, gaya belajar (learning style), mahasiswa jurusan biologi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : profil, gaya belajar (learning style), mahasiswa jurusan biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:44
Last Modified: 25 Apr 2015 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7192

Actions (login required)

View Item View Item