Blog (Website Pribadi) Sebagai Media Alternatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Di SMP Negeri 21 Semarang


Hendra Dwi Permana , 1102404048 (2009) Blog (Website Pribadi) Sebagai Media Alternatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Di SMP Negeri 21 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Blog (Website Pribadi) Sebagai Media Alternatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Di SMP Negeri 21 Semarang]
Preview
PDF (Blog (Website Pribadi) Sebagai Media Alternatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Di SMP Negeri 21 Semarang) - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

Blog merupakan suatu catatan online yang berisikan hasil pemikiran seseorang yang ditulis kemudian di-upload kedalam website, untuk dikonsumsi oleh semua orang, guna meningkatkan kompetensinya dalam hal penulisan untuk diakui oleh masyarakat umum sebagai aktualisasi dirinya. Blog dapat digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan kompetensi menulis sehingga baik digunakan untuk dunia pendidikan. Blog merupakan media yang cocok sebagai curah gagasan bagi setiap penulis untuk mencurahkan tulisannya, apabila mereka tidak memiliki wadah. Dengan demikian perlu adanya pengkajian penggunaan blog untuk pembelajaran menulis sehingga terjadi peningkatan kompetensi menulis. Permasalahan pada penelitian ini adalah “apakah blog dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam hal menulis?”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII (Kelas Internet atau ICT) dan siswa kelas non kelas ICT atau kelas dengan kemampuan siswa biasa di SMP N 21 Semarang kelas VIII semester I, yaitu kelas VIII H (kelas ICT) sebagai kelas eksperimen, kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas ujicoba tes yang berjumlah 98 siswa, sedangkan sampel adalah kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan VIII H sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh digunakan untuk mencari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Berdasarkan uji t Ha diterima apabila t > t (1 - α ):(n-1). Perhitungan uji t untuk ketuntasan belajar dalam taraf signifikan 5%. Hasil yang diperoleh dari uji ketutantasan belajar kelompok eksperimen adalah 7.266 > 2.093 maka dapat disimpulkan kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari uji hasil ketuntasan kelompok kontrol adalah -4.9001 < 2.0930 maka dapat disimpulkan kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Melihat pada perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan media alternatif blog terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan kompetensi menulis. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan blog dirasa perlu dalam meningkatakan kompetensi menulis siswa. Dengan penelitian ini, maka sebagai pendidik hendaknya dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar-mengajar pada situasi dan materi tertentu yang nantinya dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi belajar, agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan atraktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blog, Media Alternatif, Peningkatan Kompetensi Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2011 08:44
Last Modified: 25 Apr 2015 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item