Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru Dengan Pola Manajemen Kesiswaan Di Taman Kanak-kanak Sekecamatan Paguyangan.
HENI SUGINI, 1601908054 (2011) Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru Dengan Pola Manajemen Kesiswaan Di Taman Kanak-kanak Sekecamatan Paguyangan. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru Dengan Pola Manajemen Kesiswaan Di Taman Kanak-kanak Sekecamatan Paguyangan.)
- Published Version
Download (76kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sugini, Heni, 2011. Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru Dengan Pola Manajemen Kesiswaan Di Taman Kanak-kanak Sekecamatan Paguyangan. Skripsi, Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Amirul Mukminin, S.Pd, pembimbing II Yuli Kurniawati SP, M.A. Kata Kunci : Kualifikasi Akademik Guru, Pola manajemen Kesiswaan Kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh guru atau dosen sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan. Sedangkan Manajemen kesiswaan adalah keseluruhan proses kerjasama dalam menyelesaikan masalah siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan guru TK di Kec. Paguyangan sebagian besar non S1, pada sisi yang lain manajemen kesiswaan yang diterapkan oleh para guru TK di Kecamatan Paguyangan kurang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dengan pola manajemen kesiswaan TK di Kecamatan Paguyangan. Teori tentang Manajemen Kesiswaan merujuk pada teori manajemen kesiswaan di TK oleh Bafadal. Sedangkan Kualifikasi Akademik merujuk pada Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru TK Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes sebanyak 50 orang. Karena jumlahnya terbatas, maka seluruh populasi diperlakukan sebagai responden. Pengambilan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan teknik korelasi spearman. Dari hasil uji korelasi diketahui bahwa r hitung (0,351) > dari r tabel (0,284). Hal ini terdapat hubungan secara signifikan antara kualifikasi akademik dengan pola manajemen kesiswaan di Taman Kanak-kanak Se-Kecamatan Paguyangan. Dengan demikian Ha diterima. Saran yang disampaikan adalah perlunya para guru untuk meneruskan pendidikan hingga jenjang S1. Apabila guru belum mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan hingga S1, dapat meningkatkan kompetensinya dengan lebih pro aktif pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh IGTKI. Dengan cara seperti ini kemampuan guru dalam menerapkan pola manajemen kesiswaan akan semakin meningkat. viii
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualifikasi Akademik Guru, Pola manajemen Kesiswaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 02:03 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 02:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7085 |
Actions (login required)
View Item |