PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK MASYITOH KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES


Siti Juhroti , 1601908045 (2011) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK MASYITOH KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK MASYITOH KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK MASYITOH KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (0B) | Preview

Abstract

Siti Juhroti 2011. Penggunaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Jawa Dalam Proses Pembelajaran Di Tk Masyitoh kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang. 2011, dosen pembimbing I; Dra.Sri.S. Dewanti Handayani, M.Pd II Ali Formen Yudha S.Pd. M.Ed Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Pemakaian bahasa Indonesia digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Pada awal tahun pelajaran anak yang masuk di TK Masyitoh Lamaran dan TK Masyitoh Temukerep Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes ini masih menggunakan bahasa ibu atau masih campuran ada yang bahasa Indonesia ada yang bahasa Jawa. Kegiatan di TK penggunaan bahasa dan bahasa Jawa dalam proses pembelajaran yang latar belakangnya dari pemakai bahasa ibu atau keluarga maka bahasa Indonesia mengikuti irama perkembangan anak dalam bertutur kata yang diantarkan oleh guru melalui ungkapan – ungkapan kata atau kalimat. Pendekatan penelitian ini adalah Kualitatif, populasinya adalah kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Wali Murid yang ada di TK Masyitoh Lamaran dan TK Masyitoh Temukerep yang ada di kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Ukuran sampel ditentukan dengan Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan Interview, Observasi dan Dokumentasi. Analisis penelitian dengan menggunakan kategorisasi data kualitatif berdasarkan masalah dan tujuan penelitian selanjutnya bahwa analisis data kualitatif bersifat induktif dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Bahasa Jawa digunakan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak adalah untuk memperjelas bahasa Indonesia sebagai pemahaman mengenai suatu hal, di Taman Kanak-kanak penggunaan bahasa Indonesia lebih besar porsinya dibandingkan dengan penggunaan Bahasa Jawa. Namun pengaruh penggunaan bahasa jawa dilatari oleh kultur budaya Jawa yang arif dan baik. Penggunaan bahasa Indonesia dan Jawa dalam proses Belajar Mengajar maupun di sisipkan dalam Lagu-lagu anak-anak. Berdasarkan penelitian ini disarankan Bahwa perkembangan dunia pendidikan sudah sedemikian maju, sehingga Taman Kanak-kanak dengan budaya keilmuanya harus bisa mengimbangi kemajuan tersebut, dan tidak terpuruk karena persoalan mempertahankan tradisi yang ada. Bahasa sebagai alat komunikasi antar sesama harus lebih selektif guna memberikan arah didik bagi anak usia dini, baik di internal keluarga maupun di lingkungan pergaulan serta di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 02:03
Last Modified: 14 Nov 2011 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item