PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BENTUK PERMUKAAN BUMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PAKUJATI 01 PAGUYANGAN BREBES


Muhammad Aznar Abdillah, 1402407033 (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BENTUK PERMUKAAN BUMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PAKUJATI 01 PAGUYANGAN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BENTUK PERMUKAAN BUMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PAKUJATI 01 PAGUYANGAN BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BENTUK PERMUKAAN BUMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PAKUJATI 01 PAGUYANGAN BREBES) - Published Version
Download (138kB) | Preview

Abstract

Abdillah, Muhamad Aznar. 2011. Peningkatan Prestasi Belajar Bentuk Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pakujati 01 Paguyangan Brebes. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Daroni, M.Pd, II. Mur Fatimah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Bentuk Permukaan Bumi. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai salah satu mata pelajaran di satuan pendidikan sekolah dasar turut memberikan kontribusi dalam usaha pencapaian cita-cita tujuan nasional. Selain itu IPA juga merupakan salah satu mata pelajaran yang dimasukkan dalam ujian UASBN. Oleh karena itu, sebagai guru harus mampu mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA. Bagi sebagian siswa kelas III SDN Pakujati 01 Paguyangan Brebes, IPA merupakan mata pelajaran yang cukup sulit. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes formatif mata pelajaran IPA yang dilakukan, beberapa siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Untuk masalah tersebut, penulis menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dengan harapan pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas III SDN Pakujati 01 serta performansi guru dalam pembelajaran mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Pakujati 01 Paguyangan Brebes sebanyak 28 siswa. Sedangkan instrument yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada masing-masing siklus, pertemuan pertama digunakan untuk pembelajaran dan diakhiri refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, sedangkan pada pertemuan kedua digunakan untuk pembelajaran diakhiri dengan test evaluasi. Indikator yang ditetapkan antara lain; (1) Rata-rata kelas sekurang-kurangnya 70, (2) Persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80%, (3) Keterlibatan/aktivitas siswa lebih dari 75%, dan (4) Skor performansi guru minimal B. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas III SDN Pakujati 01 Paguyangan Brebes. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan ketika proses pembelajaran berlangsung siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa, (2) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) Performansi guru meningkat setelah penggunaan pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual dalam kegiatan belajar mengajar, serta mengembangkan penelitian ini di sekolah atau tempat lain agar mendapatkan temuan yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Bentuk Permukaan Bumi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 02:03
Last Modified: 14 Nov 2011 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item