PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG


Vina Fawziah , 3401404022 (2010) PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG ]
Preview
PDF ( PENINGKATAN DAYA KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG ) - Published Version
Download (607kB) | Preview

Abstract

Untuk dapat terlibat secara kritis daalam kehidupan berbangsa diperlukan generasi muda yang berfikir kritis, bebas mengungkapkan gagasan, dapat hidup dalam susana demokratis satu dengan yang lain. Oleh karena itu, pembelajaran pun perlu menunjang proses siswa menjadi manusia yang lebih demokratis, dan untuk membantu proses demokratisasi pendidikan diperlukan penerapan metode pembelajaran sebagai bentuk usaha meningkatkan daya kritis siswa. Metode pembelajaran problem solving merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan guna meningkatkan daya kritis siswa, melalui metode ini diharapkan siswa dominan pasif berkurang dan siswa kritis meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, ditempuh melalui tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang. Fokus penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran problem solving sebagai upaya meningkatkan daya kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung saat jalannya proses pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya kritis siswa dari siklus ke siklus semakin meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil instrumen tes yakni data hasil tes evaluasi siswa dan hasil instrumen non tes yaitu lembar pengamatan langsung keaktifan siswa pada setiap siklus pembelajaran. Kekritisan siswa setelah melalui pembelajaran dengan metode pembelajaran problem solving meningkat. Peningkatan kekritisan terjadi tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas serta suasana pembelajaran. Disamping itu ketuntasan belajar siswa pada siklus I, II, III juga mengalami peningkatan. Pada siklus I prosentase tuntas belajar siswa mencapai 68,42% dan pada siklus II meningkat mencapai 73,68% kemudian setelah dilakukan perbaiakan lagi pada siklus III meningkat lagi mencapai 78,95% dengan jumlah siswa kritis bertambah pada setiap siklusnya. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa metode pembelajaran problem solving di satu sisi dapat meningkatkan daya kritis siswa, melatih mental siswa untuk tampil dimuka umum, menambah rasa percaya diri, berani menyampaikan pendapat, dapat mengkaji berbagai informasi dan menyusun tata bahasa untuk digunakan dalam membuat keputusan, serta memecahkan masalah. Namun, disisi lain juga memiliki kekurangan, yakni keterbatasan jam belajar, serta memerlukan kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif baik dari guru maupun siswa. Disarankan bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk menerapkan metode pembelajaran problem solving ini jika hendak membentuk kompetensi lulusan yang kritis, cakap berbicara dimuka umum, berani dan percaya diri, sehingga dapat mewujudkan kompetensi siswa sesuai yang diharapkan oleh Pendidikan Kewarganegaraan. Bagi sekolah diharapkan meningkatkan sarana dan prasarana belajar untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Problem solving, Peningkatan Daya Kritis Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2011 07:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item